Investasi Microsoft di Yunani mendapat lampu hijau jalur cepat. Dalam foto adalah kantor pusat Microsoft di Munich, Jerman. Kredit: Creative Commons Attribution-Share Alike 2.0/Wikipedia

Badan negara Yunani Enterprise Yunani telah memberikan persetujuannya pada hari Senin untuk mempercepat proyek investasi Microsoft senilai 100 juta euro ($ 110 juta) untuk tiga pusat data di negara itu.

Proyek ini akan membuat pusat data di Spata dan Koropi di wilayah Attica, dan memberikan dukungan bisnis teknis dan layanan komputasi awan ke Yunani. Hal ini juga diharapkan dapat menciptakan 300 pekerjaan baru selama 10 tahun.

Pusat data digunakan untuk menyimpan, memproses, dan berbagi data dalam jumlah besar kepada pengguna, sedangkan komputasi awan mengacu pada penyediaan sumber daya komputasi melalui Internet (misalnya, server, aplikasi, dll.), dari sistem pusat yang terletak jauh dari pengguna akhir dan dapat menjangkau mereka dengan proses otomatis, menyediakan berbagai layanan dan fleksibilitas koneksi.

Microsoft telah beroperasi di Yunani sejak 1992, dan memelihara sekitar 200 pusat data di 34 negara, yang saling terhubung dengan lebih dari 165.000 mil kapal selam, daratan, dan area metropolitan serat optik. Microsoft Cloud telah melayani setidaknya satu miliar pelanggan dan 20 juta perusahaan di seluruh dunia.

“Implementasi investasi ini sangat penting bagi ekonomi Yunani karena memperluas sektor dan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi negara itu, dan menegaskan bahwa industri TIK Yunani menawarkan peluang unik untuk investasi dalam layanan bernilai tambah dengan jangkauan global,” Ioannis Smyrlis dari Enterprise Greece mengatakan.

“Investasi pusat data di negara mana pun, oleh raksasa teknologi seperti Microsoft, secara otomatis meningkatkan negara itu sebagai tujuan investasi,” tambahnya.

Investasi terbesar Microsoft di Yunani

Mengumumkan investasi di Yunani pada tahun 2020, Presiden Microsoft Brad Smith mengatakan: “Ini adalah hari yang penting bagi Yunani,” menambahkan bahwa ini adalah “investasi terbesar Microsoft di Yunani selama 28 tahun kehadirannya di negara ini.”

Dia menekankan bahwa investasi menunjukkan kepercayaan perusahaan dalam perekonomian Yunani. Pusat data tersebut juga akan berperan sebagai pusat regional bagi negara-negara tetangga.

Pengumuman tersebut dibuat pada sebuah acara yang diadakan di Museum Acropolis dengan dihadiri oleh Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis.

“Yunani menjadi pusat global penyimpanan digital pusat dari sejumlah besar data. Ini adalah sesuatu yang menarik negara kita ke abad ke-21,” kata Mitsotakis.

“Para analis berbicara tentang manfaat ekonomi total yang bisa melebihi satu miliar dalam jangka panjang. Manfaat keseluruhan meroket jika nilai transformasi ekonomi secara keseluruhan dinilai,” tambah pemimpin Yunani itu.

Pada tahun 2021, Yunani dan Microsoft mengumumkan “Olimpiade Kuno: Common Grounds,” sebuah kolaborasi baru untuk melestarikan dan memulihkan Olympia kuno, rumah asli pertandingan Olimpiade, menggunakan AI secara digital.

Proyek kebangkitan digital ini memungkinkan pemirsa di seluruh dunia untuk menjelajahi Olympia kuno seperti yang berdiri lebih dari 2.000 tahun yang lalu melalui pengalaman mendalam melalui aplikasi seluler interaktif, pengalaman desktop berbasis web, atau pameran Microsoft HoloLens 2, di Museum Olimpiade Athena .