PADA 15 Oktober 2020 platform streaming musik digital Spotify resmi merilis widget di iOS 14. Update ini ternyata dinantikan para pengguna aplikasi tersebut.

Widget baru dengan pilihan ukuran tampilan kecil dan sedang, memungkinkan pengguna dengan cepat mengakases lagu-lagu dan podcast yang dapat diputar dalam satu sentuhan.

Melansir laman Tech Crunch, terdapat dua ukuran yang dapat diatur, ukurang kecil hanya akan menampilkan lagu-lagu terakhir didengarkan, sedangkan widget berukuran sedang akan menampilkan lima lagu terbaru.

Dengan begitu, pengguna hanya tinggal menyentuh lagu dan aplikasi akan terbuka dan menampilkan halaman sebenarnya.

Widget baru Spotify hadir dalam dua ukuran, kecil dan sedang. (Foto: techcrunch)

Unsur menarik lainnya dari widget baru ini adalah warna latar belakang secara otomatis diperbarui agar sesuai dengan thumbnail. Misalnya, jika artis yang lagunya sedang diputar mengenakan warna merah pada artwork, maka widget akan mengikuti warna untuk latar belakangnya.

Baca Juga:  Apple Luncurkan Program Keamanan Baru untuk Penelitian

Widget baru Spotify yang penuh warna membuat penampilan beranda menarik. Tetapi ini juga bisa menjadi masalah bagi pengguna yang telah menyesuaikan tampilan pada layar beranda iOS14.

Bagaimana cara menambahkan widget baru Spotify? Berikut rangkumannya mengutip laman The Verge:

  1. Pastikan aplikasi Spotify sudah versi terbaru. Jika belum mempebarui aplikasi makan fitur ini tidak akan muncul dan akan memberikan notifikasi permintaan update.
  2. Sentuh dan tekan pada area kosong untuk penempatan widget
  3. Ketika layar sudah di sentuh dan tekan makan akan ada tanda (+) di pojok kiri atas
  4. Setelah itu, cari widget Spotify
  5. Jika sudah ditemukan maka pengguna dapat memilih ukuran kecil atau w3eqng, ukuran kecil adalah kotak berukuran 1x1cm sedangkan medium berbentuk persegi panjang 2x1cm.
  6. Setelah dipilih dan sentuh ‘DONE’ maka widget akan tertempel pada beranda ponsel iPhone dengan sistem operasi terbaru untuk smartphone dari Apple.
Baca Juga:  Segera! Satu Akun WhatsApp di Lebih dari Satu Perangkat

iOS 14 memang banyak membawa perubahan dan ‘wajah baru’ untuk pengguna iPhone dan iPad. Tidak heran, ketika perubahan tersebut terjadi para developer akan beradaptasi. Seperti apa yang telah dilakukan Spotify. (ray)

Source link