Sebuah unggahan mengenai keluhan pelanggan IndiHome viral di Twitter pada Rabu (15/7/2020).

Akun @TretanMuslim membagikan tangkapan layar tampilan Instagram-nya saat diakses menggunakan IndiHome.

Dari tangkapan layar itu tampak bahwa gambar-gambar di Instagram tidak muncul. Dengan nada menyindir, pengunggah menuliskan narasi sebagai berikut:

“Tampilan baru Instagram with @IndiHome”

Tangkapan layar twit IndiHome yang lemot

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retweet sebanyak lebih dari 6.700 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 22.800 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia Arif Wibowo menyatakan bahwa keluhan pelanggan IndiHome lewat twit tersebut sudah direspons Customer Care.

“Sudah ditangani dan direspons sama Customer Care,” ujar dia kepada Kompas.com, Rabu (15/7/2020).

Mengenai jaringan IndiHome yang tidak merata, Arif mengatakan bahwa hal itu tidak benar.

Baca Juga:  Hati-hati, penawaran uang kripto ilegal kini berkembang lewat komunitas

“Sama saja. Di kota maupun rural. Karena semua berbasis fiber optik,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa jika terdapat keluhan dari pelanggan, pelanggan bisa melapor lewat media sosial (Facebook dan Twitter).

Selain itu, ada call center 147, e-mail customercare@telkom.co.id, apps MyIndihome, atau dapat langsung mengunjungi Plasa Telkom/Grapari TelkomGroup.

Penjelasan dosen IT

Dosen Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS Nurcahya Pradana Taufik Prakisya menjelaskan, lancar tidaknya jaringan internet bisa dilihat dari dua sisi, yaitu client dan server.

“Kalau dari server, bisa jadi karena adanya maintenance dari pihak ISP,” ujar dia kepada Kompas.com, Rabu (15/7/2020).

Lanjutnya, sebab lain yang mungkin adalah traffic yang besar atau pelanggan mengakses di jam-jam sibuk, sehingga terbagi-bagi dengan pengguna lainnya.

Selain itu, kondisi geografis juga bisa mempengaruhi, seperti cuaca dan jarak tempat mengakses tower jauh.

Baca Juga:  Bank Mandiri terbitkan e-money edisi Jak Lingko

Sementara itu, dari sisi client, jaringan internet lemot atau lambat biasanya penyebab utamanya adalah kondisi perangkat (komputer atau ponsel).

Dia mengatakan, makin banyak jumlah running task yang berjalan, makin lemot. Di samping itu usia perangkat juga mempengaruhi.

Nurcahya mencontohkan, jika membuka beberapa aplikasi sekaligus, seperti Mozilla dan Google Chrome, dengan banyak tab sekaligus ditambah perangkat tersebut sudah tua dan kapasitas memorinya kecil biasanya langsung lag.

Selain itu, juga tergantung dari modul wifi yang dipakai juga. Di perangkat itu ada beberapa versi modul wifi.

“Kalau usia modul wifi tiga tahun tapi yang dipakai adalah versi terbaru, itu lebih baik dibanding perangkat dua tahun lalu tapi modul wifi dua tingkat di bawah yang paling update,” ungkap dia.

Sementara itu, mengenai twit kasus pelanggan IndiHome yang viral tersebut, Nurcahya memberi analisis bahwa kemungkinan pertama hal itu terjadi karena Instagram pengguna.

Baca Juga:  Microsoft Rilis Inisiatif untuk Atasi Kesenjangan Gender di 3 Sektor Teknologi di Indonesia

“Instagram kan selalu refresh feed setiap masuk. Bisa jadi pas refresh tersebut ada memory crashed. Itu pengalaman saya kalau pas pakai Instagram sih,” kata Nurcahya.

Dia menambahkan, jika yang bermasalah adalah aplikasi Instagram, tanda-tandanya adalah aplikasi lainnya bisa terhubung ke internet dengan baik, tetapi hanya Instagram yang blank.

Lalu, solusinya adalah dengan me-restart atau clear cache lalu gadget atau perangkat perlu di-restart.

Mengenai kaitannya dengan IndiHome, dia juga merupakan pelanggan IndiHome. Namun, menurut dia, IndiHome tergantung lokasi. Dia tinggal di perkotaan dan mengaku jaringannya bagus.

“Indihome tergantung lokasi. Kalau pelanggan IndiHome yang mungkin agak pinggir atau yang belum terjangkau fiber optic ya mungkin pada ngeluh,” kata dia.

Source link