instagram

Setelah menyediakan akses Direct Message dari komputer, tayangan langsung atau fitur Instagram Live kini bisa disaksikan lewat browser di PC atau laptop. Sebelumnya, pengguna hanya bisa menyaksikan siaran live lewat aplikasi Instagram di gadget. Sementara, jika Instagram diakses lewat browser, fitur serupa yang bisa ditayangkan hanya sebatas Instagram Stories saja.

Kabarnya, fitur baru ini merupakan upaya Facebook sebagai pemilik Instagram untuk menyediakan konten tayangan siaran langsung via web desktop di tengah wabah Covid-19. Saat diakses lewat browser PC, aneka tayangan langsung di Instagram bakal muncul secara otomatis dan diletakkan di urutan pertama pada deretan Instagram Stories, seperti tampilan di aplikasi Instagram mobile.

Antarmuka Instagram Live versi web berbeda dengan versi aplikasi. Alih-alih menutupi konten Instagram Live, beragam komentar yang dilontarkan di sebuah tayangan siaran langsung bakal muncul secara terpisah di sebelah kanan jendela konten. Layar komputer desktop memang lebih besar dibanding smartphone. Tayangan dan komentar pun bisa ditampilkan secara terpisah sehingga terkesan lebih lega.

Kendati demikian, jika pengguna ingin membuat konten siaran langsung di akun Instagramnya, maka mereka masih harus melakukannya lewat smartphone, sebagaimana dirangkum dari Engadget. Belum diketahui apakah nanti penayangan Instagram Live akan bisa dilakukan juga lewat browser PC atau tidak.