Rasanya hampir di ponsel zaman sekarang memiliki fitur bernama Portrait yang rata-rata fungsinya sama, yaitu memberikan fokus pada objek foto dan latar belakangnya menjadi bokeh alias blur. Hasilnya pun hampir menyerupai perangkat kamera profesional.

Ngomongin Portrait, Oppo melalui ponsel Reno4 yang sebentar lagi akan dirilis sengaja meningkatkan kemampuan pada fitur Portraitnya. Menggunakan teknologi AI, Reno4 memainkan unsur warna agar hasil foto gak monoton.

Fitur ini diberi nama AI Color Portrait. Secara singkat, fitur ini memisahkan background dengan subjek foto. AI Color Portrait akan menghasilkan latar hitam putih nan bokeh, namun subyeknya tetap berwarna.

Fotografer kondang Rio Motret pun memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan fitur Portrait seperti AI Color Portrait agar hasilnya semakin keren dan penuh estetika.

Baca Juga:  5 Game Trending di Google Play Store Pekan Ini, Cobain Deh

Pertama, kenakan pakaian penuh warna.

Menurutnya, khusus penggunaan fitur Portrait seperti pada ponsel Reno4 ini, pengguna bisa memaksimalkannya dengan mengenakan pakaian warna-warni. Tak perlu tabrak warna, minimal warna yg cerah.

“Pakaian warna colorful itu bisa menghasilkan foto yang lebih maksimal dan membuat fungsi Portrait ini jadi tambah bagus. Kalau warna pakaiannya monokrom atau warna datar yang kurang cerah, jadi gak terlihat jelas fungsinya,” ungkap Rio saat bertemu dengan beberapa awak media dia acara Camera Experience Event Oppo Reno4 di Jakarta, Kamis sore (23/7).

Kedua, objek foto jangan terlalu ramai.

Menurut Rio, fitur Portrait pada ponsel umumnya memang masih efektif jika menjepret 3 sampai 4 orang dalam satu bingkai. Fungsi Portraitnya masih terbaca.

Baca Juga:  Shinhan Future's Lab Indonesia Perkenalkan Virtual Human Jadi Brand Ambassador, Seperti Apa?

“Lebih dari itu, saya sebenarnya belum sempat mencoba, tapi biasanya kalau pakai Portrait, apalagi AI Color Portrait ini punya jarak tersendiri untuk mendeteksi manusia sampai akhirnya warnanya keluar. Jadi kalau terlalu ramai, bisa jadi tidak maksimal,” katanya.

Ketiga, cahaya natural selalu terbaik.

Bukan berarti harus selalu jalan-jalan keluar kota atau luar negeri untuk memotret objek pakai fitur Portrait. Menurut Rio, pada dasarnya mau indoor atau outdoor tidak masalah untuk menggunakan Portrait.

“Kalau memang mau indoor, biasanya memang akan membutuhkan cahaya tambahan agar lebih terang, karena kalau di dalam ruangan itu cahaya sering kurang memadai, atau belang-belang. Cahaya terbaik itu memang natural light dari matahari, hasilnya akan selalu bagus,” tutupnya.

Baca Juga:  Raup Jutaan Transaksi saat Corona, Startup Asuransi Gencar Ekspansi

Source link