PitaData.com, JAKARTA — Amazon Web Services mengumumkan pembangunan 3 infrastruktur pengelolaan data di kawasan sekitar Jakarta. Infrastruktur tersebut dibangun untuk memenuhi permintaan pengguna AWS di Indonesia, termasuk tiga unicorn Tanah Air.

Managing Director Amazon Web Services Asia Pacific, Ed Lenta, mengatakan bahwa pendirian infrastruktur fisik di Indonesia adalah bagian dari rangkaian investasi AWS di Indonesia. Sebelumnya, AWS telah mendirikan kantor di Jakarta yang berfungsi sebagai penyedia jasa konsultasi layanan komputasi awan bagi pelanggan di Indonesia.

Dalam 1 tahun berbisnis di Tanah Air, AWS berhasil menggaet 3 unicorn asal Indonesia yaitu Traveloka, Tokopedia, dan Gojek sebagai pengguna. Korporasi besar yang menggunakan layanan komputasi awan AWS adalah Lion Air dan Kompas.

Baca Juga:  Amazon Web Services Akan Buka Data Center di Indonesia

Pertumbuhan pesat di Tanah Air, lanjutnya, mendorong AWS untuk mendirikan wilayah pelayanan yang disebut sebagai AWS Jakarta Region yang terdiri dari 3 infrastruktur fisik yang disebut sebagai Availability Zone.

AWS menilai infrastruktur fisik di Jakarta menawarkan latensi pelayanan lebih rendah tidak hanya bagi pelanggan AWS di Indonesia, tetapi juga bagi pelanggan AWS di Filipina, Thailand, dan Malaysia.

 “Kami membangun infrastruktur ini berdasarkan permintaan pelanggan. Ini memberikan mereka latensi yang lebih rendah, konektivitas dan lebih banyak produk yang tersedia secara lokal, dan membuat data milik mereka makin dekat,” kata Lenta kepada Bisnis, Kamis (4/4/2019).

Setiap Availability Zone AWS adalah kompleks pangkalan data yang memiliki pasokan listrik independen yang saling terkoneksi satu sama lain secara berlapis (redundant) dengan latensi rendah. Tiga Availability Zone di Jakarta terpisah satu sama lain secara geografis untuk mencegah peristiwa yang berpotensi membuat ketiganya tidak berfungsi sekaligus.

Baca Juga:  Amazon Web Services Akan Buka Data Center di Indonesia

Konten Premium Nikmati Konten Premium Untuk Informasi Yang Lebih Dalam Masuk / Daftar Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Source link