Trawlbens, start-up kargo karya anak bangsa, berupaya menekan biaya logistik di Indonesia sehingga tidak memberatkan pelaku usaha, termasuk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Untuk itu, Trawlbens merintis revolusi baru layanan logistik berbasis teknologi digital.

“Target kami ke depan adalah akan menurunkan cost logistik di Indonesia,” kata Founder dan CEO Trawlbens Beni Syarifudin dalam peluncuran aplikasi Trawlbens di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Trawlbens merupakan aplikasi dengan teknologi digital terbaru dan terlengkap dengan delepan layanan pengiriman atau perpindahan barang dari dan ke seluruh Indonesia. Adapun layanan tersebut TrawlPack (berat barang minimal 10 kg, kena tarif minimum), TrawlMove (jasa pindahan rumah/kantor/kostan), TrawlCarrier (jasa kirim mobil), TrawlHeavy (jasa kirim alat berat seperti forklift), TrawlFeet (penyewaan container, TrawlTruck (penyewaan truk), TrawlBoat (penyewaan satu kapal), dan TrawlExim (jasa ekspor dan impor).

Baca Juga:  Teknologi Blockchain Bisa Bantu Pantau Posisi Kontainer

Dengan aplikasi Trawlbens kata dia, konsumen dan mitra akan menikmati layanan logistik terlengkap dengan tarif riil murah. Aplikasi ini kata dia, menjadi solusi permasalahan logistik UMKM yang terkendala tingginya ongkos kirim. “Selama ini teman-teman pengusaha UMKM terkendala masalah logistik. Biayanya kurang ramah di kantong,” katanya.

Bukan hanya dari sisi teknologi digital, lanjut Beni, revolusi logistik Trawlbens juga memperluas jangkauan skema alur bisnis logistik nasional. Sebelumnya skema logistik yang umum dipakai hanya dari produsen ke distributor/retail. Saat ini skema itu bertambah menjadi produsen ke distributor/retail dan produsen/distributor ke konsumen langsung. “Ini akan menjadi angin segar bagi para pelaku di sektor logistik yang diprediksi terus tumbuh sekitar 6,5% per tahun hingga 2022,” jelasnya.

Baca Juga:  Teknologi Blockchain Bisa Bantu Pantau Posisi Kontainer

Selain fokus pada pelanggan Trawlbens juga memperluas jaringan dengan membuka peluang kemitraan. Pada tahap awal, Beni menerangkan, Trawlbens membuka lima kemitraan yakni mitra business, mitra space, mitra pool warehouse, mitra kurir motor dan mitra transporter mobil.

Dia menerangkan, dengan potensi pasar layanan logistik yang sangat prospektif di masa depan, mitra Trawlbens berpeluang memperoleh hasil usaha besar dan berkelanjutan secara jangka panjang, sekaligus mendorong perkembangan perekonomian Indonesia. “TrawlBens memberikan tujuh keunggulan yakni keandalan transportasi darat, laut, dan udara; warehouse yang luas dan aman di setiap ibu kota provinsi; sistem teknologi terbaru; tim profesional; koneksi luas; tarif murah; serta help desk,” kata dia.

Baca Juga:  Teknologi Blockchain Bisa Bantu Pantau Posisi Kontainer

Source link