WowBid

WowBid, Aplikasi lelang live (siaran langsung), berhasil mengumpulkan USD 5 juta (atau sekitar Rp70 miliar) dalam putaran pendanaan Pra-Seri A yang dipimpin oleh perusahaan investasi lokal Envy.

WowBid secara resmi diluncurkan untuk sistem operasi Android pada Desember 2018 dan berencana merilis versi iOS-nya bulan ini.

Startup ini mengklaim sebagai yang pertama menawarkan lelang streaming langsung di Indonesia. Konsep ini memungkinkan pembeli untuk menawar berbagai produk e-commerce seperti gadget, sepatu, dan kosmetik, dan berpotensi membeli dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar saat ini.

Ada dua metode lelang di platform; Video Lelang Siaran Langsung di mana ada host yang membantu aksi lelang, dan Lelang Online yang lebih mirip dengan Ebay. Pengguna dapat mengambil bagian dalam pelelangan dengan membeli koin elektronik di aplikasi WowBid. Aplikasi ini berharap untuk tumbuh menjadi platform marketplace di mana siapa pun dapat menjual produk mereka melalui video lelang secara live.

Peluang untuk WowBid sangat besar di Indonesia, menurut CEO Rafli Ridwan seperti dikutip oleh Sindonews, karena pembeli lokal selalu cenderung mencari harga serendah mungkin ketika mereka berbelanja online.

Ketika sebagian besar platform e-commerce menawarkan promo musiman atau flash sale untuk memikat pelanggan, WowBid berjanji untuk menawarkan produk dengan harga lebih murah setiap hari.

Ridwan memiliki latar belakang di industri telekomunikasi dan merupakan investor di beberapa bisnis online.Menurutnya, WowBid akan menggunakan investasi untuk meningkatkan layanan dan inovasi. Dalam jangka panjang, ia berencana untuk melakukan ekspansi ke negara-negara tetangga dengan perilaku konsumen yang serupa, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Myanmar.