Film Transcendence yang dibintangi Jhonny Depp dirilis pada tahun 1994. Dalam film tersebut, Depp berperan sebagai Will Caster yang merupakan seorang ilmuwan yang khusus meneliti tentang hakikat perasaan, termasuk kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).

Will bersama istirnya Evelyn (Rebecca Hall) dan timnya bekerja untuk membuat komputer hidup dan memprediksi bahwa komputer di masa depan akan menciptakan sesuatu yang mereka sebut “Trencendence”.

Untuk mendapatkan banyak dukungan gagasan mengenai teknologi tersebut disampaikan oleh Will Caster dalam presentasi publik. Akan tetapi, ide Will justru ditentang oleh kelompok anti teknologi RIFT (Revolutionary Independence From Technology). Saat Will Caster mempresentasikan idenya, ilmuwan ini ditembak hingga sekarat.

Baca Juga:  UGM Luncurkan Mata Kuliah Kecerdasan Digital

Melihat suaminya nyaris meninggal, Evelyn memberanikan diri mengunggah kesadaran Will Caster pada sistem komputer yang mereka kembangkan. Meski fisiknya sudah meninggal, namun kesadaran Will Caster berhasil bertahan hidup dalam teknologi tersebut.

Will Caster yang kemudian melanjutkan hidupnya dalam dunia virtual, justru mengembangkan kemampuannya dengan semena-mena. Will Caster bisa menyampaikan dan memanipulasi informasi ke khalayak luas dan mencuci otak banyak orang dengan teknologi nanonya.

Perbuatan yang dilakukan Will Caster dirasa sudah sangat berlebihan. Max Walter (Paul Bettany) yang merupakan rekan kerja Will Caster juga telah merasa bahwa tindakan yang dilakukan Will sudah di luar batas.

Film Transcendence disutradarai disutradarai Wally Pfister, serta ditulis oleh Jack Paglen. Dari IMDb, film Transcendence mendapatkan rating 6,2/10.

Baca Juga:  AI Ditakutkan Bisa Jadi Terminator atau Ultron