WE Online, Jakarta

Vice President Corporate Strategy Telkomsel, Andi Kristanto, menyampaikan bahwa penggunaan internet dari rumah meningkat tajam saat masa pandemi Covid-19. Sebab, didorong oleh berbagai kebijakan dari pemerintah yang mengharuskan masyarakat melakukan berbagai aktivitas di rumah seperti belajar jarak jauh hingga bekerja di rumah yang harus menggunakan fasilitas layanan daring.

“Penggunaan yang tinggi itu memang di rumah, bahkan sebelum Covid-19 pun penggunaan tertinggi itu di rumah. Kita lihat dari pandemi ini, kelihatan penggunaan internet itu naik tajam,” ujar Andi dalam diskusi virtual, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Dear Pengguna Telkomsel, Beli Paket 25GB Cuma Rp10, Syaratnya …

Baca Juga:  Teknologi Plasmacluster Sharp Efektif Turunkan Risiko Penularan Covid-19

Andi menjelaskan, peningkatan penggunaan internet mengharuskan penyedia layanan memastikan ketersediaan infrastruktur yang memadai sehingga ada dukungan yang baik untuk memenuhi pesatnya peningkatan permintaan. Andi menambahkan, peningkatan internet dari sisi volume yang terbesar itu yakni video seperti layanan Maxstream, Youtube, dan Netflix yang banyak memakan porsi besar. Jika dlihat dari pertumbuhan dua yang terbesar adalah meeting online seperti Microsoft Team dan Zoom.

“Terutama seperti e-learning, bekerja dari rumah, itu naik sangat tajam jadi itu membuat kenaikan ketersediaan infrastruktur telekomunikasi di sana. Ini juga tentunya mendukung supply demand masyarakat yang membutuhkan layanan digital ini,” ucap Andi.

Di situasi pandemi saat ini, perusahaan komunikasi justru ditantang mampu menyediakan layanan yang baik bagi masyarakat. Sebab, pandemi membuat transformasi digital menjadi makin cepat.

Baca Juga:  Lockdown Hero, Sebuah Game Pembasmi COVID-19 yang Patut Dicoba

“Jadi, pandemi membuat transformasi digital jadi makin cepat. Artinya, kesadaran terhadap layanan-layanan dan teknologi digital yang makin cepat dan dibutuhkan,” ujar Andi.





Source link