Selain Bikin Kecanduan, Ini Efek Buruk Gadget Untuk Anak (Foto: pexels)

Selain Bikin Kecanduan, Ini Efek Buruk Gadget Untuk Anak (Foto: pexels)

GenPI.co – Di zaman teknologi yang serba canggih seperti saat ini, tak sedikit orang tua yang sudah memperkenalkan beragam jenis gadget pada anak. Alhasil, anak menjadi kecanduan bermain gadget, baik menonton YouTube atau bermain game.

BACA JUGA: Khasiat Minum Jahe Campur Serai Ternyata Sangat Mencengangkan

Psikolog Pritta Tyas Mangestuti menjelaskan bahwa screen time atau menggunakan gadget sebenarnya tidak boleh diperkenalkan kepada anak dibawah usia 18 bulan. Hal tersebut sesuai dengan hasil studi dari American Academic Pediatric tahun 2019.

“Menurut American academic pediatric sebenarnya anak di bawah 18 bulan belum boleh screen time,” kata Pritta dalam live Instagram @bioreguard.id, Selasa (14/7).

Sementara, anak yang berusia di atas 18 bulan baru boleh dikenalkan dengan screen time. Namun, tontonan atau konten yang diberikan hanya berupa gerakan yang lambat dan bahasanya harus sesuai dengan bahasa yang diajarkan di rumah.

ADVERTISEMENT

BACA JUGAHatinya Bak Malaikat, 5 Zodiak Ini Sensitif dan Mudah Terluka

“Untuk melatih sensor motoriknya, sebaiknya berikan tontonan berupa gerakan lambat dan bahasa yang biasa diajarkan di rumah, jadi anak tidak bingung,” papar Pritta.

Untuk anak yang berusia di atas 2 tahun, memang sudah boleh rutin melakukan screen time. Meski demikian, waktunya harus dibatasi selama 1 jam saja dalam sehari.






Source link