ArenaLTE.com – Beberapa hari ke depan, OPPO berencana memperkenalkan OPPO Reno4 series. Inilah lini seri keempat dari keluarga Reno Series, lini produk yang jadi senjata andalan OPPO untuk  bertarung dengan brand-brand mapan yang  secara tradisional merupakan penguasa pangsa premium.

Kehadiran Reno Series memang cukup mengejutkan. Pertama, dia meneguhkan transformasi OPPO dari “selfie expert” ke “camera expert”. Lini seri OPPO memang mengedepankan keunggulan fitur kamera, yang dilengkapi teknologi termutakhir dan spesifikasi tinggi. Kedua, membuktikan keseriusan OPPO masuk ke segmen premium.

Langkah OPPO ke level premium ini sebenarnya sudah dimulai, ketika merilis seri OPPO R17 Pro, awal tahun lalu. Setelah sebelumnya lebih banyak bermain di level menengah-atas. Respon pasar yang bagus terhadap R17 Pro, mendorong OPPO menghadirkan Reno Series, yang debutnya dimulai pada Juni 2019.

Reno Series, The Debut

Ketika itu, OPPO memperkenalkan dua varian Reno Series awal, OPPO Reno dan OPPO Reno 10X Zoom. Yang terakhir ini, tak pelak menjadi “bintang”. Dilengkapi teknologi kamera mutakhir, spesifikasi level atas, yang dibungkus dengan desain elegan dan mewah, Reno 10X Zoom adalah sebuah masterpiece dari OPPO.

Quad camera yang dimilikinya, memakai sensor kamera Sony IMX 586 48 Mpix, ditunjang sensor besar (1/2.0”), aperture besar (f/1.7), ), MFNR dan teknologi HDR, optimasi AI (artificial intelligence), dual OIS (optical image stabilizer). Membuat smartphone ini mampu menghasilkan foto menawan dalam segala situasi.

Fitur Ultra Night Mode 2.0, hadir untuk menyajikan foto night scene yang menawan.  Hasil jepretan Reno 10X Zoom pada suasana malam, menghasilkan foto yang terlihat jelas perbedaan antara objek foto dan latar belakang. Sekaligus memastikan warna kulit sesuai asli, tidak bias oleh efek cahaya lampu.

Baca Juga:  Canggihnya 3 Fitur AON Smart Sensor Pada Oppo Reno4, Kenalan Yuk!

Satu lagi inovasi yang dibawa Reno 10X Zoom adalah hybrid zoom. Bekerja dengan memadukan zoom optical, yang didapat dari telelens –yang disebut dengan istilah periscope lens—dengan digital zoom, menghasilkan pembesaran gambar yang tak mengorbankan kerapatan pixels. Hasilnya adalah sebuah foto zoom yang tajam dengan detil foto yang tampak sempurna.

Namun yang menjadi perhatian utama pada fitur kamera yang dibawa Reno Series adalah kemampuan rekam video. Dual OIS yang berfungsi untuk meredam efek shaking –akibat gerakan tangan atau merekam sambil bergerak. Atau obyek yang bergerak—menghasilkan rekaman video yang benar-benar stabil, seakan direkam dengan kamera yang diletakkan pada tripod, atau memakai gimbal. Kemampuan rekam video Reno Series ini, membawa standar rekam video dengan smartphone ke level lebih tinggi.

Reno2 Series

Standar itulah yang diturunkan pada lini seri berikutnya, Reno2 dan Reno2 F, yang dirilis empat bulan setelah kehadiran Reno Series pertama. Quad camera dengan kamera utama sebesar 48 Mpix menjadi standar konfigurasi kamera. Ditunjang dengan tiga kamera lain, dengan standar yang sama dengan Reno Series pertama.

Beberapa pembaruan diterapkan pada Reno2 Series. AI Mode terbaru, memperbaiki kualitas foto selfie, mengatur secara otomatis dengan memberi pencahayaan lembut pada obyek (wajah), dan mengatur pencahayaan background yang seimbang. Menghasilkan foto selfie yang mempesona di segala situasi. Didukung dengan HDR (high dynamic range), agar tak ada area dalam foto yang terlalu berlebihan cahaya (over exposure), atau sebaliknya.

Walau tidak menekankan secara khusus pada fungsi zoom, namun Reno2 Series tetap dibekali kemampuan zooming mumpuni. Pembesaran hingga 5 kali dengan hybrid zoom, atau 20X dengan digital zoom. Perpindahan antara titik focus –memiliki focal length 16-83 mm– secara halus melalui fusion imaging technology, menghasilkan perspektif yang beragam.

Baca Juga:  Oppo Reno 4 Maksimal Bertabur AI Berkat Snapdragon 720G

Tak perlu khawatir pula mengabadikan nuansa malam. Reno2 Series dilengkapi Ultra Dark Mode, yang didukung AI Noise Reduction untuk meminimalisir gambar yang kotor oleh bintik pixels, serta fine-tuned performance NPU acceleration. OPPO mengatakan, moda ini akan menyingkap rahasia malam, bahkan yang tak tertangkap oleh mata sekalipun.

Reno3 Series

Menghadirkan sesuatu yang baru, dan mengembangkan yang sudah ada, filosofi inilah yang dipakai OPPO ketika merilis seri baru. Termasuk lini seri lanjutan Reno Series, yakni, Reno3 Series. Diperkenalkan pada Maret lalu, terdiri dari dua varian, Reno3 dan Reno3 Pro, yang peluncurannya berselang sebulan. Sebenarnya, ada satu lagi, Reno3 Pro 5G. Namun yang ini tak dibawa ke Indonesia –karena juga belum ada layanan 5G di sini.

Sesuatu yang baru yang dibawa oleh Reno3 Series ini adalah dual front camera, sesuatu yang tak dijumpai pada smartphone pesaing. Terdiri dari kamera utama Ultra Clear 44 Mpix (f/2.4) dan kamera 2 Mpix depth of field. Konfigurasi ini dirancang untuk menghasilkan foto selfie yang mampu menghadirkan tekstur dan detail menawan pada foto selfie. Algoritma dual dual front camera ini, menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh binocular, yang menghasilkan tepi dan gradient latar belakang yang lebih tajam. OPPO menyebutnya Dual Lens Bokeh.

Konfigurasi kamera belakang juga ditingkatkan, menjadi 64 Mpix kamera utama, 13 Mpix telephoto, 8 Mpix ultra wide lens, dan 2 Mpix mono lens. Ditambah teknologi TetraCell dan Smart WDR, untuk menghasilkan foto dengan detail yang akurat, baik di area cerah maupun gelap.

Baca Juga:  Tren Mobile Videography Kini Menyasar Kalangan Anak Muda, Benarkah?

Reno3 Series mengusung inovasi baru, Ultra Clear 108 Mpix Image.  Dengan moda ini, didapatkan foto dengan resolusi seukuran poster (4.3 x 3.2 m). Bekerja dengan sistem pembesaran melalui software khusus.

Sektor video, tetap diperkuat Ultra Steady Video 2.0, untuk rekaman video yang stabil, tajam dan cerah. Dilengkapi pula dengan fitur efek bokeh, dan algoritma AI Beauty, yang dipadukan dengan resolusi tinggi, menghasilkan video dengan efek pro-level tanpa peralatan tambahan. Dengan itu semua, Reno3 Series mampu menghasilkan rekaman video sekelas sinema.

Next Champ: Reno4 Series

Kini OPPO bersiap memperkenalkan lini seri keempat, Reno4 Series. Bila taka da aral melintang, perkenalannya pada public di Indonesia, akan berlangsung pada Senin (20/7) nanti. Banyak orang menunggu-nunggu, inovasi dan teknologi terbaru apa lagi yang bakal dibawa Reno4 Series? Mengingat tradisi OPPO yang selalu menghadirkan “sesuatu” yang baru pada setiap lini produk paling gres-nya.

Kamera tetap menjadi fitur yang paling dikedepankan, pastinya. Ada sesuatu  yang baru, sebagai bocoran, untuk fitur kamera di Reno4 Series. Yakni, AI Colour Portrait, yang memberi pilihan warna favorit untuk foto selfie, Night Flare Portrait, tampil menonjol pada suasana malam dengan efek bokeh pada background, 960fps Smart Slo-Mo Video, video gerak lambat yang merekam setiap detil gerakan.

Keren, kan? Masih banyak lagi. Tunggu saja kehadiran Reno4 Series ke hadapan Anda. (ADV)

Source link