Perusahaan digital B2B2C, Distribusi Voucher Nusantara (DIVA) telah secara resmi mengakuisisi 30% saham di PT Alphanovation Digital Teknindo, pengembang platform point-of-sales (POS) berbasis cloud Pawoon.

Rencana akuisisi telah terdengar sejak akhir tahun lalu, meskipun secara resmi direalisasikan kemarin (5 Agustus). Dengan investasi baru ini, kedua perusahaan akan memperluas kemampuan mereka, terutama di bidang pengembangan teknologi, inovasi produk, penjualan, dan pemasaran.

DIVA adalah konverter dan akselerator bisnis digital yang mengembangkan platform transaksi digital plug-and-play yang menargetkan usaha kecil dan menengah (UKM), memberdayakan mereka untuk menjual produk digital sambil menerima berbagai metode pembayaran.

Platform ini adalah bagian dari perangkat multi-pembayaran terintegrasi yang disebut DIVA Smart Outlet (OS) yang dapat memproses pembayaran tunai dan non-tunai, dan platform pesan bertenaga AI terintegrasi bernama DIVA Intelligent Instant Messaging (IIM), yang berjalan pada aplikasi seperti sebagai Telegram dan WhatsApp.

Baca Juga:  Gojek berencana akuisisi Moka POS

Sementara itu, Pawoon adalah platform POS pelopor di Indonesia. Didirikan pada tahun 2013, Pawoon menawarkan solusi perangkat lunak dan perangkat keras untuk usaha kecil dan menengah, membantu mereka meningkatkan skala bisnis mereka dengan lebih cepat.

Dalam pernyataannya, Pawoon mengatakan akan lebih memberdayakan UKM lokal melalui kemitraan strategis ini. Saat ini, ada lebih dari 10.000 usaha kecil di 200 kota di seluruh Indonesia menggunakan sistem Pawoon.