Netflix merilis series terbaru orisinal mereka pada Jumat kemarin yaitu Cursed. Series bergenre fantasi ini dibintangi oleh Katherine Langford sebagai Nimue, seorang penyihir wanita muda dengan kekuatan yang sangat luar biasa. Nimue merupakan pengguna pedang legendaris Swords of Power, atau yang biasa kita kenal sebagai Excalibur. Series ini diadaptasi dari komik karya Tom Wheeler dan Frank Miller dengan judul yang sama.

Berbeda dengan cerita legenda Arthur lainnya, Cursed menawarkan sesuatu yang berbeda dari mitologi Arthur, sedikit berbeda dari apa yang sering kali diperlihatkan atau diceritakan. Berbagai karakter legendaris seperti Merlin, Arthur, dan Igraine juga muncul di seriesnya, tapi mereka tidak seperti yang kita ketahui selama ini. Ceritanya sendiri berkisah tentang Nimue yang harus berjuang untuk bertahan hidup dan berusaha untuk menyalamatkan kaumnya dari pembantaian oleh pihak the Church. Berikut adalah berbagai hal yang perlu diketahui dari series Cursed.

Karakter Dan Cast

Karakter Utama

  • Katherine Langford sebagai Nimue – salah satu anggota klan Sky Folk, yang dijauhi oleh sekitarnya karena dia memiliki segel kutukan di tubuhnya (ditandai oleh tiga cakaran di punggungnya). Sebelum ibunya tewas, Nimue diberi tugas untuk mengantarkan Sword of Power kepada Merlin dan bertemu dengan Arthur.
  • Gustaf Skarsgard sebagai Merlin – sang ahli sihir kerajaan, yang sudah mengabdi untuk banyak raja sebelum Uther Pendragon. Merlin memiliki misi untuk menyelamatkan para Fey dan menemukan Nimue. Tidak lupa juga Sword of Power.
  • Devon Terrell sebagai Arthur – seorang ksatria yang ahli dalam berpedang, dan merupakan bawahan dari Bors. Arthur jatuh cinta kepada Nimue setelah pertemuan pertama mereka (dan Nimue juga). Arthur kemudian berpetualang bersama Nimue untuk memberikan pedang tersebut kepada Merlin.
  • Sebastian Armesto sebagai Uther Pendragon – raja Inggris (King of England) yang sangat tempramental, dan sosok yang begitu bernafsu untuk mendapatkan Sword of Power. Uther mencoba untuk memburu sosok Merlin atas hujan darah yang terjadi sebelumnya. Sebastian Armesto sendiri dikenal dalam sebuah seri antalogi horor yang disiarkan di AMC, The Terror dan Harlots yang disiarkan di Hulu.
  • Shalom Brune-Franklin sebagai Igraine – seorang biarawati yang membantu Nimue untuk bersembunyi ketika dia dikejar-kejar oleh para Red Paladins dan juga the Weeping Monk. Sebelum berperan di series ini, Brune-Franklin pernah mengisi peran di TV series Australia, Bad Mothers dan BBC, Our Girl.
  • Peter Mullan sebagai Father Carden – pemimpin dari Red Paladins, yang perdaya bahwa para Fey merupakan iblis dan harus “dihapuskan” dari seluruh permukaan bumi. Father Carden sempat bertemu dengan Nimue di desanya yang sudah hancur, sebelum kemudian kabur. Mullan juga berperan di series Ozark dan Westworld.
  • Daniel Sharman sebagai The Weeping Monk – pembunuh andalan dari Red Paladins, yang memiliki kemampuan unik untuk mencari para Fey. The Weeping Monk merupakan pejuang andalan dari Father Carden dan sudah banyak membunuh para Fey. Sharman pernah berperan di Teen Wolf dan juga Fear the Walking Dead.
  • Emiliy Coates sebagai Ister Iris – rekan dari Igraine, sesama biarawati di gereja tempat Nimue bersembunyi. Dia merupakan sosok yang kejam, dan setetalh bertemu dengan Nimue dia menunjukan rasa bencinya terhadap penyihir tersebut.
  • Lily Newmark sebagai Pym – Pym merupakan sahabat baik dari Nimue di desanya, yang menolak untuk dijodohkan dengan seorang nelayan miskin dan bau. Sejak kecil, Pym sudah bersahabat dengan Nimue. Dia juga ikut dalam petualangan Nimue, sebelum kemudian nasib buruk menimpanya.
  • Billy Jenkins sebagai Squirrel – seorang bocah kecil nakal dan pemberani, dan merupakan salah satu teman dari Nimue selain Pym. Squirrel merupakan salah satu orang yang selalu berbuat baik kepada Nimue dan tidak pernah menganggap bahwa Nimue dikutuk.
  • Matt Stokoe sebagai Gawain – dikenal juga sebagai Green Knight atau ksatria hijau, Gawain merupakan teman lama dari Nimue yang membantu menyembunyikan para Fey ke tempat yang aman setelah desa mereka dibakar habis.
  • Johannes Haukur Johannesson sebagai Cumber the Ice King – seroang raja Viking yang brutal dan cerita. Cumber selalu percaya bahwa dia adalah orang yang sah, orang yang memang ditakdirkan untuk menjadi pewaris tahta kerajaan Inggris, bukan Uther. Dia juga merupakan salah satu orang yang menginginkan Sword of Power.

Para Karakter Pendukung

  • Nickolaj Dencker Schmidt sebagai Dof – salah satu anggota Viking tampan dan ikut menjadi bagian dari tim penyerangan Red Spear.
  • Catherine Walker sebagai Lenore – ibu dari Nimue dan merupakan pemimpin dari kelompok Fey Sky Folk.
  • Polly Walker sebagai Lady Lunete – ibu dari Uther Pendragon, mantan ratu dan pemimpin kerajaan.
  • Adalu Ononogbo sebagai Kaze – seorang pejuang Fey yang ikut bertarung bersama Nimue.
  • Peter Guinness sebagai Sir Ector – paman dari Arthur dan merupakan Lord of Gramaire.
  • Sophie Harkness sebagai Sister Celia – seorang biarawati yang merupakan rekan dekat dari Igraine.
  • Zoe Waites sebagai the Widow – sosok misterius yang menguasai kematian, dan rekan dari Merlin.
  • Bella Dayne sebagai The Red Spear – seorang pejuang Viking yang menjadi rival Cumber dalam klaimnya sebagai raja Inggris.
  • Youssef Kerkous sebagai Pellam the Fisherman – seorang pembunuh yang memiliki metode dan teknik membunuh mengerikan.
  • Olafur Darri Olafsson sebagai Rugen the Leper King – seorang Shadow Lord yang menguasai kerajaan Leper.
  • Bryony Miller sebagai Briony – seorang penjaga bar yang sering kali ditemui oleh Merlin.
  • Angus Wright sebagai Sir Steuben – kepala penjaga di Gramaire.
  • Olwen Fouere sebagai Yeva – seorang penyihir Moon Wing berkulit pucat, dan merupakan korban dari Red Paladin.
  • Selva Rasalingam sebagai Dizier – sama seperti Gawain, dia adalah seorang penyelundup yang membantu menyembunyikan para pengungi Fey ke tempat yang aman.

Sword of Power

Dalam series Cursed memang tidak disebutkan secara gamblang bahwa Sword of Power adalah pedang Excalibur, tapi dengan cerita yang berkutat dalam cerita sejarah raja Arthur kemungkinan memang Sword of Power adalah pedang Excalibur. Dalam seriesnya, diceritakan bahwa Sword of Power dibuat oleh Merlin, sebelum kemudian jatuh di tangan Lenore.

Sebelum Lenore tewas oleh Red Paladdin, dia meminta Nimue untuk mengembalikan pedang tersebut kepada Merlin. Sword of Power bukanlah pedang biasa. Sword of Power merupakan sebuah pedang yang sangat sempurna dari berbagai sisi. Seperti yang diungkapkan oleh Arthur, keseimbangannya sempurna dan pedang ini bisa menjadi senjata yang berbahaya bila jatuh ke tangan yang salah. Dan bisa menjadi senjata yang mematikan jika ada di tangan seorang ksatria.

Hal ini dibuktikan bagaimana dengan mudah Nimue bisa membunuh serigala dan para musuhnya yang lain dengan mudah. Selain sempurna di berbagai sisi, Sword of Power juga memiliki kekuatan magis yang sangat dahysat. Kekuatan magis tersebut berasal dari kekuatan sihir milik Merlin yang terhisap ke dalam pedangnya, seperti yang dia jelaskan kepada the Widow.

Cerita ini sama dengan cerita pedang Excalibur yang banyak orang tahu, tapi tentunya dengan beberapa perubahan. Pedang Excalibur pertama kali muncul dalam buku History of Kings of Britain yang dirilis pada 1136 karya Geoffrey of Monmouth. Tapi, pada saat itu Excalibur masih disebut sebagai Caliburnus. Meskipun banyak cerita legenda Arthur mengaitkan Excalibur dengan sang raja Inggris populer tersebut, tapi ada juga beberapa bukti lainnya, seperti puisi Conte du Graal, yang menyebutkan bahwa Excalibur sebenarnya milik dari Sir Gawain, anak dari adik Arthur, Morgause, atau yang biasa disebut Anna.

Dalam kisahnya, Arthur meminjamkan pedang tersebut kepada Sir Gawain, tapi kemudian pedang tersebut dikembalikan dalam pertarungan melawan Mordred. Lalu, darimana Arthur mendapatkan Excalibur? Dia mendapatkannya dari sosok perempuan yang disebut sebagai Lady of the Lake yang ada di dekat Bodmin Moor atas perintah Merlin, sang penasihat raja Arthur.

Ada kemungkinan jika Nimue merupakan sosok Lady of the Lake yang disebutkan dalam mitologi raja Arthur. Dialah sosok yang akan memberikan pedang Sword of Power atau Excalibur kepada Nimue. Mungkin di musim keduanya nanti kita akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang Sword of Power ini.

Ras

Sejauh ini ada beberapa ras yang diperkenalkan di musim perdana Cursed. Yang pertama adalah ras Fey atau ras para penyihir. Nimue merupakan bagian dari ras Fey atau ras penyihir ini. sesuai namanya, ras Fey memiliki keterkaitan yang erat dengan dunia sihir. Tapi, dari apa yang diperlihatkan di seriesnya ras Fey sendiri terbagi menjadi beberapa bagian.

Ada yang bisa menggunakan sihir ada juga yang tidak. Contohnya adalah Nimue yang bisa menggunakan kekuatan alam yang disebut sebagai The Hidden. Biasanya, ras Fey yang memiliki kekuatan alam ini akan terlihat warna hijau muncul di bagian wajahnya ketika mereka berkonsentrasi untuk menyalurkan kekuatannya. Tapi, ada juga kaum Fey yang lebih mahir menggunakan pedang dan senjata lainnya.

Kemudian ras manusia. Arthur, Gawain, Bors dan beberapa nama lainnya merupakan bagian dari ras ini. Seperti umumnya yang kita ketahui, ras manusia terbagi menjadi dua ada yang jahat dan ada yang baik. Arthur merupakan salah satu contoh dari ras manusia yang baik. Dia mau menolong Nimue dan mengorbankan nyawanya mengantarkan Sword of Power kepada Merlin.

Father Carden, di sisi lain, merupakan contoh dari ras manusia yang jahat. Dia dan kelompok the Church beserta para pasukan Red Paladdin berusaha untuk menghabisi para penyihir atau kaum Fey, dengan alasan mereka adalah iblis yang harus dihancurkan dari muka bumi. Merekalah yang bertanggung jawab atas hampir punahnya ras kaum Fey.

Para Viking juga merupakan kelompok lainnya dari ras manusia. Mereka tidak memiliki kemampuan sihir, tapi mereka memiliki tenaga dan kekuatan yang dahsyat. Mereka juga sangat ahli dalam hal pesenjataan seperti pedang, kapak, dan panah. Ras lainnya adalah para peri atau fairies. Sebenarnya masih belum diketahui apakah Moon Wing merupakan peri atau bagian dari Fey.

Dengan sayap yang menempel di bagian tubuhnya, kemungkinan besar bahwa Moon Wing adalah bagian dari ras peri. Mereka merupakan rekan dari para fey, dan hal ini juga memang sesuai dalam kehidupan atau dongeng yang ada dimana para peri memiliki koneksi dengan para penyihir. Yang terakhir adalah ras yang tidak diketahui namanya. Contohnya adalah The Widow, sosok misterius yang tidak diketahui bentuk rupanya karena ditutupi kain berwarna hitam. Mungkin The Widow merupakan bagian dari ras dewa atau ras lainnya yang kastanya di atas para penyihir.

Timeline

Berbeda dengan series lainnya yang memasukan secara spesifik waktu dari lini masa dalam cerita, Cursed tidak melakukan hal tersebut. Meskipun tidak diketahui alasannya, kemungkinan tahun kejadian secara spesifik sengaja tidak disebutkan karena tidak memberikan pengaruh besar terhadap cerita.  Namun, ada beberapa petunjuk yang mungkin bisa menjelaskan sedikit tentang lini masa di series ini.

Di musim perdana seriesnya, diketahui kerajaan Inggris dipimpin oleh Uther Pendragon. Masa kepemimpinan Uther diketahui adalah pada abad kelima dan keenam. Referensi kerajaan Inggris sebagai Britannia juga muncul di abad yang sama. Penyebutan kerajaan Romawi dan juga Bizantium, memberikan petunjuk lainnya bahwa setting Cursed berada di era setelah abad kelima.

Tapi, kemudian linimasanya sedikit membingungkan ketika Merlin menyebutkan peristiwa kejatuhan Charlemagne. Dia mengatakan kepada Rugen bahwa dia sudah pernah mengabdi untuk raja tersebut, yang jatuh dari kekuasaannya pada akhir abad kesembilan. Dengan Merlin sekarang mengabdi untuk Uther, bisa diambil kesimpulan bahwa Charlemagne sudah tewas beberapa dekade sebelumnya. Jika bukan abad. Hal ini kemudian menggeser timeline Cursed menjadi di pertengahan abad kesembilan dan menuju awal abad 10.

Peristiwa membingungkan juga muncul di beberapa episode akhir. Ketika Abbot Wicklow bertemu Father Carden, dia kemudian berbicara tentang perang melawan para Fey yang kemudian disebut sebagai perang suci (holy wars). Para Crusades atau ksatria  bertempur pada masa 1096 dan 1271.  Sehingga, dari semua penjelasan ini bisa diambil kesimpulan bahwa setting atau timeline cerita di seri Cursed terjadi pada abad ke 11.

Itu dia berbagai panduan yang bisa memudahkan kamu menonton series terbaru dari Netflix ini. Series yang digarap oleh sutradara Sin City, Frank Miller ini juga sudah bisa kamu saksikan sejak hari jumat kemarin di platform Netflix Geeks!

*Artikel ini tidak terafiliasi dengan Netflix dan murni sebagai artikel features dari Greenscene.co.id



Source link