ZONA JAKARTA – Para orangtua dari siswa didik merasa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring atau online dinilai tidak berguna.

Ketua Persatuan Orang Tua Peserta Didik Jawa Bara Mansurya mengatakan jika MPLS secara online malah mubazir.

Terlebih MPLS secara online juga disinyalir tidak memiliki esensi serta menjadi beban kuota internet.

Mansurya menegaskan jika MPLS memang harus dilakukan secara real time alias langsung ditempat untuk mengenalkan antar siswa, guru dan sekolah.

Namun karena MPLS pada tahun ajaran baru 2020/2021 ini dilakukan secara daring, siswa menjadi tak mendapatkan esensi utama MPLS.

“Menurut kami tidak usah ada MPLS pada saat situasi seperti ini. Nanti saja ketika siswa sudah boleh masuk sekolah, baru MPLS dilakukan,” tuturnya, Senin 13 Juli 2020.

“Karena konsep MPLS ini sangat erat dengan lingkungan sekolah, artinya kalau lingkungan itu seharus dilakukan di sekolah. Hentikan saja MPLS sementara ini, karena lebih baik dilakukan langsung di sekolah,” tambahnya.

Sementara itu, kegiatan para siswa baru SDN 244 Guruminda Kota Bandung nampak antusias mengikuti MPLS daring pada Senin 17 Juli 2020.

Sebagaimana diberitakan PRFMNews.id sebelumnya dalam artikel “Persatuan Orang Tua Peserta Didik Jabar Sebut MPLS Daring Mubazir”, menurut Kepala SDN 244 Guruminda Kota Bandung, Nunung Nurlaila, jumlah keikutsertaan MPLS di SDN 244 Guruminda pada hari ini mencapai 91 persen.

“Kami memaklumi belum semua siswa baru (100 persen) di SDN 244 Guruminda mengikuti MPLS. Karena ini terkait kendala teknis peralatan untuk mengikuti MPLS secara daring,” ujarnya.

“Bagi peserta didik yang terkendala secara teknis saat hendak mengikuti MPLS daring, kami akan berikan print out (hasil) materi dan informasi terkait MPLS,” lanjutnya.

Baca Juga:  Tumbangkan Firefox, Microsoft Edge duduki peringkat 2 browser terpopuler

Seperti diketahui, tahun ajaran baru dimulai hari ini, Senin 13 Juli 2020. Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, para siswa baru akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring selama tiga hari selama tiga hari.***

Source link