PT Siemens Indonesia meneken kerjasama dengan PT Indonesia Power (IP) yang merupakan anak perusahaan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kerjasama ini akan menerapkan Virtual Reality (VR) atau realitas maya untuk mengoptimasi pembangkit listrik milik IP.

Anggota Dewan Direksi Siemens AG dan CEO Smart Infrastructure, Cedrik Neike mengatakan bahwa pihaknya telah memulai inisiatif digitalisasi dengan beberapa perusahaan lokal lainnya.

“Siemens menciptakan sebuah ekosistem dengan perusahaan-perusahaan lokal di sektor industri makanan dan minuman serta bahan kimia melalui program Siemens Artificial Intelligence atau Control Performance Analytics (AI/CPA) software,” tutur Cedrik saat acara Siemens Digitalize Indonesia 2019 di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2019).

Baca Juga:  Gunakan VR, Unika Beri Layanan Kekinian di Perpustakaan

Melalui kerjasama ini Siemens juga berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel pengoperasian dengan mengembangkan modul pelatihan percontohan untuk pusat pelatihan digital milik IP.

Proyek kerjasama antara Siemens Indonesia dengan IP rencananya akan dimulai pada akhir 2019.

“Modul pelatihan akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan spesifik pembangkit listrik,” terang Cedrik.

Sebelumnya pada November 2018 Siemens Indonesia juga telah bekerjasama dengan perusahaan produsen listrik swasta, PT Sumberdaya Sewatama.

Keduanya menjalin kerjasama di bidang Digital Energy Services dengan menggunakan sistem operasi Internet of Things (IoT), MindSphere.

Source link