Chris Nelson • Untuk The Calgary Herald Dr. Anmol Kapoor, seorang Ahli Jantung, dan Pendiri & CEO CardiAI, ditunjukkan dalam foto yang disediakan perusahaan. CardiAI yang berbasis di Calgary menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi tanda-tanda penyakit jantung lebih akurat dan lebih cepat daripada metode saat ini. Foto oleh disediakan

Sebuah perusahaan medis berteknologi tinggi Calgary sedang menjajaki penggunaan kecerdasan buatan untuk mendeteksi tanda-tanda awal penyakit jantung yang tidak diketahui oleh dokter.

CardiAI saat ini sedang melakukan dua proyek terkait jantung yang terpisah: satu menggunakan pembelajaran mesin untuk menjelajahi data ekstensif yang disediakan oleh monitor khusus untuk menemukan potensi masalah, yang lain melibatkan kecerdasan buatan untuk memeriksa gambar yang diambil dari jantung.

Ini hanyalah yang terbaru dari semakin banyak usaha teknologi tinggi yang melibatkan perusahaan sejak didirikan pada tahun 2018 oleh ahli jantung Calgary Anmol Kapoor.

Saat ini, perusahaan mempekerjakan sekitar 150 ahli di sejumlah disiplin medis dan teknologi di seluruh Kanada, dengan penggunaan AI untuk mendeteksi penyakit jantung menjadi kemajuan teknologi terbaru.

Bagi Kapoor, menggabungkan kedokteran dan teknologi telah menjadi impian lama, sejak ia menyelesaikan sekolah kedokterannya di Rusia dan kemudian belajar manajemen sistem informasi di Universitas Lethbridge.

“Mimpi saya selalu menggabungkan teknologi ke dalam kedokteran,” kata Kapoor.

“Anda harus mendorong batas tetapi inovasi tidak dapat terjadi di zona nyaman. Anda harus merasa tidak nyaman untuk berinovasi.”

Keputusannya untuk mendirikan CardiAI datang dari melihat salah satu pasiennya menderita masalah jantung yang serius.

“Dia berjuang dan bahkan tidak bisa datang ke kantor saya karena dia mengalami kesulitan bernapas. Kemudian dia menelepon dan berkata: ‘Saya tahu Anda mencoba menyelamatkan saya, tetapi saya hanya menjadi beban bagi keluarga dan sistem saya. Tolong biarkan aku pergi.’”

Kapoor terus bekerja untuk menyelamatkan pria itu tetapi, akhirnya, pasien itu meninggal.

“Saya berpikir: ‘Saya bisa terus melakukan hal yang sama untuk mencoba dan membantu orang-orang ini, tetapi mereka gagal. Pasti ada cara yang lebih baik untuk memberikan perawatan, jadi pasien tidak perlu datang menemui saya, mendapatkan permintaan untuk lab, membuat janji, menyeret diri mereka ke lab dan kemudian harus kembali dan menemui saya.’

“Kenapa harus seperti itu? Mengapa mereka tidak bisa melakukan tes darah di rumah, misalnya? Jenis pertanyaan itulah yang mendorong saya untuk memulai perusahaan ini.”

Kerja jantung CardiAI adalah salah satu dari banyak proyek percontohan yang didukung oleh Alberta Machine Intelligence Institute (Amii), yang menerima dana provinsi dan federal dan berbasis di University of Alberta di Edmonton.

“Amii dimulai sebagai pusat di U of A 20 tahun yang lalu berkat investasi oleh provinsi,” kata CEO Cam Linke. “Pada saat itu, kami mampu menjebak beberapa pemikir top dunia dalam pembelajaran mesin, area yang kini telah berkembang menjadi salah satu teknologi terpenting yang mendasari begitu banyak industri di dunia.”

Lima tahun lalu, pemerintah federal menyediakan dana tambahan, setelah memilih Edmonton, Montreal, dan Toronto sebagai tiga pilar kota tempat strategi AI nasional dapat dikembangkan.

“Kami sekarang berinvestasi dalam penelitian dan pelatihan terkemuka dunia dan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian itu untuk menciptakan peluang di industri bagi teknologi ini untuk memecahkan masalah,” kata Linke.

Dia menambahkan bahwa sistem kesehatan adalah tempat yang sempurna untuk menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin karena jumlah datanya sangat besar dan jumlahnya sangat besar, baik dalam penghematan biaya yang potensial maupun peningkatan kehidupan banyak orang.

“Kami membuat kemajuan di mana-mana: pada tingkat molekuler hingga diagnostik — seperti cara yang lebih baik untuk mendeteksi tanda-tanda penyakit jantung — hingga hal-hal apa yang dapat kami gunakan untuk membuat sistem perawatan kesehatan itu sendiri lebih baik,” katanya.

Linke percaya pandemi COVID-19 telah membawa kesadaran baru kepada warga Kanada tentang pentingnya data, berkat pengarahan harian nasional dan rilis rutin informasi terperinci tentang berbagai bidang, seperti jumlah kasus, tingkat vaksinasi, dan penerimaan di rumah sakit.

“Pandemi benar-benar membuat semua orang menyadari betapa pentingnya sistem perawatan kesehatan dan melihat dasbor data di luar sana membantu orang untuk menyadari bahwa data bukanlah hal yang abstrak tetapi sangat penting dan dapat membantu kami meningkatkan sistem secara keseluruhan. ,” dia menambahkan.