Setelah Katedral Notre Dame Paris mengalami kebakaran hebat pada tahun 2019, sebuah penggalian arkeologi diperintahkan sebelum restorasi penuh dapat dimulai. Pada bulan Maret, sebulan setelah survei arkeologi dimulai, terungkap bahwa Institut Nasional untuk Penelitian Arkeologi Pencegahan telah menemukan sarkofagus yang berasal dari abad ke-14.

Sekarang, kita akan mencari tahu apa yang ada di dalamnya. Para arkeolog Prancis mengatakan Kamis mereka akan membuka sarkofagus “segera” setelah memeriksanya menggunakan kamera endoskopi. Menurut Phys.org, kamera mengungkapkan bagian atas kerangka, bantal, kain, dan benda tak dikenal.

Penanggalan karbon dapat digunakan untuk menentukan usia kerangka tersebut, kata laporan itu, sementara para ilmuwan juga dapat mengidentifikasi jenis kelamin dan kesehatannya sebelumnya.

Baca juga: Sejarah Visual Notre Dame de Paris

Ada kemungkinan bahwa sarkofagus berisi sisa-sisa pejabat tinggi, mengingat pentingnya tempat peristirahatan terakhir mereka, menurut Institut Nasional untuk Penelitian Arkeologi Pencegahan.

“Seluruh jalan raya ditutupi oleh lantai batu, tertanggal tidak lebih dari abad XVIII. Ini mencakup banyak pemakaman dan didasarkan pada tingkat pekerjaan yang berasal dari abad XIV,” kata siaran pers institut bulan Maret yang menjelaskan temuan itu. “Di antara kuburan yang ditemukan, ditemukan sarkofagus antropomorfik yang sepenuhnya diawetkan yang terbuat dari timah.”

Dapatkan buletin Ilmu CNET

Buka misteri terbesar planet kita dan sekitarnya dengan buletin CNET Science. Dikirim hari Senin.