Belum lama ini, MIE Racing Honda mengikat kerja sama dengan Cyberdyne. Perusahaan asal Jepang tersebut selama ini dikenal sebagai produsen robot, riset kepandaian buatan (Artificial Intelligence/AI), manajemen kinerja manusia dan mesin, serta hal-hal seperti itu.

Cyberdyne makin terkenal setelah mengembangkan baju robot (robot suit) yang disebut Hybrid Assistive Limb (HAL). Teknologi yang dikembangkan Cyberdyne bersama Tsukuba University tersebut tidak hanya bisa membantu orang untuk mengangkat barang-barang.

Digerakan dengan baterai listrik, HAL yang prototipenya kali pertama dikerjakan pada 1997 dan sudah memiliki versi robot suit lengkap sejak 2012 itu juga sudah banyak dipakai di rumah sakit di Jepang untuk membantu pasien penyandang disabilitas.

HAL juga bisa membantu mereka yang sebelumnya tidak mampu berjalan atau menggerakkan tangan, untuk bisa kembali beraktivitas seperti orang normal.

Hingga kini belum diketahui teknologi lansiran Cyberdyne apa yang akan diberikan untuk paddock Tim MIE Racing Honda nanti. Yang pasti, mulai WSBK di Barcelona, Spanyol, 18-19 September nanti, logo Cyberdyne sudah akan terpasang di fairing Honda CBR1000RR-R.

“Kami sangat senang bisa bekerja dengan Cyberdyne Inc, perusahaan dengan inovasi luar biasa dalam bidang teknologi. Kami senang bisa berbagi visi baru untuk masa depan, termasuk AI dan teknologi cybernics,” ucap Prinsipal Tim MIE Racing Midori Moriwaki.

“Pengembangan dan penciptaan teknologi tanpa henti, kemauan berpikir di luar kelaziman, serta semangat untuk apa yang kami lakukan, adalah nilai-nilai yang kami bagikan.

“Oleh karena itu, kami bangga logo Cyberdyne nanti akan terlihat pada fairing Honda CBR1000RR-R milik MIE Racing Honda Team.”

Midori Moriwaki sekilas terlihat lemah dari sisi teknik modern. Namun, MIE Racing Honda menjadi tim Superbike pertama dan satu-satunya sejauh ini, yang telah memiliki dinding pit yang terbuat dari panel LED sejak tahun 2020.

Sumber: Motosport.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Mohon masukkan nama anda disini