JAKARTA – Microsoft meluncurkan aplikasi Family Safety baru untuk pengguna iOS dan Android. Aplikasi ini telah diuji dalam beberapa bulan terakhir, dan dirancang untuk memunkinkan keluarga dapat mengelola penggunaan screentime dan aplikasi.

Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store Apple. Kegunaan dari aplikasi Family Safety adalah orangtua dapat menerima laporan tentang penggunaan aplikasi dan keseluruhan screentime dan bahkan dapat menetapkan batas waktu aplikasi dengan meminta ekstensi.

Melansir The Verge, Microsoft Family Safety juga menyinkronkan di Windows, Xbox, dan Android, sehingga batas waktu untuk game dan aplikasi akan disinkronkan di beberapa perangkat. Ini akan mencegah anak-anak dari menukar perangkat untuk mendapatkan jam tambahan untuk bermain Minecraft atau Fornite (aplikasi tertentu juga dapat sepenuhnya diblokir).

Baca Juga:  Masuki Tahun Fiskal Baru, Microsoft Pangkas Karyawan

Fitur lain yang disediakan Microsoft juga menambahkan filter pencarian dan web untuk membatasi browsing ke situs ramah anak. Filter ini berfungsi di peramban Microsoft’s Edge di Windows, Xbox dan Android.

Namun, sebagian besar filter screentime dan konten saat ini terbatas pada Android di sisi seluler, tetapi Microsoft mengatakan sedang berupaya untuk membawanya ke iPhone juga. Bahkan aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengunci pengeluaran pada akun email dengan permintaan pembelian (ini mencegah tagihan kartu untuk ribuan V-bucks).

Family Safety juga dapat digunakan untuk berbagi lokasi antar keluarga, fitur pengelompokan lokasi baru selama fase beta, yang memungkinkan Anda dapat melihat ketika banyak anggota keluarga berada di lokasi yang sama.

Baca Juga:  Microsoft: ISV Mampu Mendorong Transformasi Digital di Era Pandemi

Bagi pengguna fitur premium (pelanggan Microsoft 365) Anda akan mengetahui ketika anggota keluarga tiba atau meninggalkan lokasi.

(ahl)

Source link