PitaData.com – Ketika National Basketball Association (NBA) memulai kembali musimnya yang terhenti karena virus Korona pada 30 Juli lusa di Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS). Dapat dipastikan bahwa liga basket populer NBA yang digelar bakal sepi penonton. Hal tersebut jelas, ini terkait dengan pandemi Covid-19 yang melarang kegiatan apapun mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

Soal suatu pertandingan tanpa penonton sendiri ibarat sayur tanpa garam, kurang lengkap rasanya. Dan demi menyiasati hal tersebut, NBA bersama Microsoft mengatakan bahwa mereka telah bergabung untuk menempatkan penonton atau para fans ‘virtual’ di tribun setiap pertandingan. Caranya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Team dan layar raksasa.

Baca Juga:  Microsoft: ISV Mampu Mendorong Transformasi Digital di Era Pandemi

Keduanya akan melengkapi setiap lapangan permainan dengan layar LED setinggi 17 kaki atau 5,1 meter, yang membungkus tiga sisi arena pertandingan atau stadion basket. Stand layar virtual akan diisi dengan para penggemar yang menggunakan aplikasi Team. Dengan  fitur baru dari aplikasi yang disebut ‘Mode Bersama’ penonton bisa duduk berdampingan. Sehingga seolah-olah sedang menonton basket secara bersamaan.

Pejabat NBA mengatakan audio dari penggemar virtual akan diputar di arena dan disiarkan televisi juga. Kursi virtual akan dibatasi hingga 320 penggemar, jumlah berdasarkan ukuran tempat dan tentunya layar.

Fans akan dipilih oleh tim tuan rumah, dan masing-masing tim bekerja untuk memutuskan bagaimana menangani pilihan penonton mereka nantinya. NBA sendiri diketahui menangguhkan musim pertandingan pada Maret setelah seorang pemain untuk Jazz Utah kedapatan positif virus Korona baru atau Covid-19.

Baca Juga:  Microsoft Bakal Rilis Xbox Series X Bertema Halo Infinite, Dijual 15 November

Para pejabat NBA juga mengatakan pada hari Jumat (24/7) pekan lalu bahwa mereka memperbaiki pendekatan mereka untuk menyiarkan pertandingan. Yakni kamera diposisikan lebih dekat dengan para pemain untuk meniru titik pandang penggemar yang jauh dari arena pertandingan sesungguhnya.

“Mayoritas kamera kami di dekat pengadilan akan menjadi robot untuk pertama kalinya,” Sara Zuckert, kepala siaran televisi generasi mendatang di NBA, mengatakan pada konferensi pers pada hari Jumat lalu.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Source link