Tahukah apa itu Chromebook, apakah ada bedanya dengan laptop biasa? Ternyata ada perbedaan yang cukup signifikan antara Chromebook dengan laptop biasa.

Berikut ini tim PitaData.com telah merangkum apa itu Chromebook dan beberapa perbedaanya dengan laptop

Bagi sebagian orang, mungkin akan sulit membedakan chromebook dengan laptop biasa. Wajar saja sebab penampakan fisik keduanya memang sama.

Sebenarnya, Chromebook sendiri sudah pernah mengemuka pada tahun 2011 lalu. Hanya, pada 2021 Chromebook kembali jadi perbincangan karena pemerintah akan membagikan  240.000 unit laptop Chromebook.

Nantinya, ratusan ribu unit laptop itu akan disebar untuk anak SD, SMP, SMA, SMK, SKB, dan PKBM.

Sama seperti laptop, Chromebook juga memiliki keyboard fisik, web kamera, layar, dan sebagainya. Perbedaan baru akan terasa ketika digunakan seban antara chromebook dan laptop punya spesifikasi yang berbeda jauh.

Baca Juga:  Selain Laptop, Ini 5 Aksesori Pendukung Sekolah Online
Samsung Chromebook 4. (Samsung)
Samsung Chromebook 4. (Samsung)

Inilah beberapa perbedaan antara Chromebook dengan laptop biasa:

Sistem Operasi (OS)

Di pasaran, laptop-laptop keluaran Asus, Acer, HP dan sebagainya biasanya menggunakan sistem operasi seperti seperti Windows, Linux, dan MacOS X.

Namun tidak dengan Chromebook. Perangkat yang satu ini punya OS sendiri bernama ChromeOS.

ChromeOS sendiri adalah OS berbasis browser web yang mampu menjalankan berbagai aplikasi bikinan Google sendiri, seperti Google Drive, Gmail, Google Meet, dan masih banyak lagi.

Kerennya kamu bisa mengunduh aplikasi Android melalui PlayStore pada Chromebook ini.

Tidak bisa menjalankan Adobe dan Microsoft Office secara langsung

Microsoft Office dan Adobe menjadi salah satu software yang wajib ada pada sebuah laptop biasa. Namun pada Chromebook, kamu tidak bisa mendownlod software tersebut.

Baca Juga:  Bikin Merinding, Begini Jika Laptop Jadi Sarang Semut

Meski demikian, kamu masih bisa membuka, edit, dan menyimpan file Microsoft Office di Chromebook. Kamu juga bisa membukanya menggunakan Google Suite.

Memang, kamu bisa mendownload aplikasi tersebut melalui Play Store, akan tetapi versinya tidak selengkap seperti ketika digunakan di laptop.

Spesifikasi umum Chromebook

Biasanya Chromebook hanya akan menggunakan prosesor dual core, RAM 4GB, dan penyimpanan eMMC 32GB atau 64GB.

Bagi kamu pengguna laptop, spesifikasi tersebut tentu jauh dari kata cukup. Namun yang perlu diingat adalah Chromebook merupakan perangkat yang berbasis cloud.

Jadi, tidak perlu spesifikasi terlalu tinggi pada perangkat yang satu ini. Sebab Chromebook sendiri sebenarnya tidak akan terlalu kuat untuk editing foto dan video.

Baca Juga:  MSI Laptop Content Creation

Harga

Dengan spesifikasi yang cenderung di bawah laptop, tentu saja harga Chromebook cukup murah, terutama di kantong anak sekolah.

Kamu bisa membeli Chromebook dengan harga Rp4 jutaan saat ini. Meski demikian, ada juga Chromebook yang dijual hingga Rp17 jutaan seperti Pixelbook bikinan Google.

Itulah pengertian apa itu Chromebook dan apa bedanya dengan laptop yang perlu kamu tahu.

Source link

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Mohon masukkan nama anda disini