Jakarta – Pendiri Facebook Mark Elliot Zuckerberg lahir 14 Mei 1984 di White Plains, New York dari pasangan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi dan Karen, seorang psikiater. Dia memiliki tiga saudara perempuan yaitu, Randi, Donna, dan Arielle. Mereka dibesarkan di Dobbs Ferry, New York.

Zuckerberg dibesarkan sebagai seorang Yahudi dan menjalani bar mitzvah ketika menginjak usia 13 tahun, meski selama ini ia menetapkan dirinya sebagai seorang ateis.

Ia sekolah di Ardsley High School, dia mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran klasika sebelum pindah ke Phillips Exeter Academy pada tahun pertamanya, tempat ia mendapat banyak hadiah dalam bidang sains (matematika, astronomi, dan fisika) dan ilmu klasik.

Dalam formulir pendaftaran perguruan tingginya, Zuckerberg memasukkan bahasa Prancis, Ibrani, Latin, dan Yunani Kuno dalam kolom bahasa non-Inggris yang bisa ia baca dan tulis. Di perguruan tinggi, ia dikenal karena mengutip beberapa kalimat dari puisi-puisi epik seperti Iliad.

Pada sebuah pesta yang diadakan persaudaraannya pada tahun kedua di universitas, Zuckerberg bertemu mft, seorang pelajar Cina-Amerika asal kota Boston (Braintree, Massachusetts), dan mereka berkencan sejak 2003, meski sempat putus sebentar.

Pada September 2010, Zuckerberg mengundang Chan yang sudah menjadi mahasiswi kedokteran di Universitas California, San Francisco, untuk pindah ke rumah sewaannya di Palo Alto.

Zuckerberg mempelajari bahasa Tionghoa Mandarin setiap hari sebagai persiapan kunjungan keduanya ke Tiongkok pada bulan Desember 2010.

Pada profil Facebook Zuckerberg, ia menyebut tertarik pada “keterbukaan, menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung, dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi, minimalisme”.

Zuckerberg lebih enak melihat warna biru karena kebutaan warna merah-hijau yang dialaminya, itulah sebabnya biru menjadi warna dominan di Facebook.

CEO Facebook Mark ZuckerbergCEO Facebook Mark Zuckerberg (Arstechnica)

Pada 19 Mei 2012, Zuckerberg menikah dengan Priscilla Chan. Upacara dilangsungkan di halaman belakang rumah Zuckerberg. Tamu-tamu khusus diundang dengan dalih merayakan lulusnya Chan sebagai dokter dari fakultas kedokteran di University of California, San Francisco.

Pada 1 Desember 2015, dia mengumumkan kelahiran anaknya yang pertama, seorang bayi perempuan yang lahir dengan berat 3,4 kg dan diberi nama Maxima Chan Zuckerberg. Dia juga menulis surat terbuka bagi putrinya, Max. Dalam surat tersebut, dia mengumumkan dirinya bakal membuat yayasan bernama Chan Zuckerberg Initiative.

Baca Juga:  Spotify luncurkan "original podcast" Nas Talks

Pada Mei 2011, dilaporkan bahwa Zuckerberg telah membeli rumah berkamar lima di Palo Alto senilai $7 juta.

Awal Mula Facebook

Di Harvard inilah Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online karena universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka.

Namun setiap kali Zuckerberg menawarkan diri membuat direktori itu, Harvard menolaknya. Meski ditolak ia selalu mencari cara untuk mewujudkannya. Proyek pertamanya adalah CourseMatch (www.coursematch.com) yang memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain di website tersebut.

Suatu malam di tahun kedua dia kuliah di Harvard, Zuckerberg menyabotase data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia buat bernama Facemash.

Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Tak lupa dia juga membubuhkan kalimat yang meminta pengun­jungnya menentukan mana dari foto-foto ini yang paling “hot”.

Pancingannya mengena. Dalam tempo empat jam sejak dia meluncurkan website itu tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka.

CEO Facebook Mark ZuckerbergCEO Facebook Mark Zuckerberg (VentureBeat)

Pihak Harvard mengetahuinya dan sambungan internet pun diputus. Zuckerberg diperkarakan karena dianggap mencuri data. Akhirnya diapun meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash. Tetapi dia tak menyesali tinda­kannya.

Mendirikan Facebook

Mark Zuckerberg adalah anggota Alpha Epsilon Pi, pada awalnya Zuckerberg hanya seorang mahasiswa di Universitas Harvard. Ia kemudian mencoba membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya.

Di saat banyak orang mulai tertarik dengan sistem yang dibuatnya, Zuckerberg memiliki inisiatif untuk bisa mengembangkan sistem jejaring tersebut, awal mulanya Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberikan nama Facebook.

Zuckerberg bersama teman-temannya kemudian menyewa tempat di Palo Alto, California sebagai lokasi untuk mengembangkan Facebook.

Dikarenakan keasyikan untuk mengembangkan proyek tersebut hingga Zuckerberg lupa dengan kuliahnya. Ia pun dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit, yakni antara memilih pendidikannya atau berbisnis proyek yang sedang ia kembangkan.

Keluar dari Harvard

Facebook berkembang pesat. Ia lalu meminta bantuan dua temannya untuk ikut mengem­bangkan Facebook. Dalam tempo empat bulan Facebook sudah bisa menjaring 30 kampus.

Baca Juga:  Pendengar podcast Spotify meningkat dua kali lipat

Hingga akhir 2004 jumlah pengguna Facebook sudah mencapai satu juta. Pengguna Facebook terus meningkat. Malah ada sejumlah orang yang tak lagi jadi mahasiswa atau yang masih di sekolah ingin bergabung.

Mark ZuckerbergCEO Facebook Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan. (Foto: Instagram/zuck)

Tingginya desakan ini membuat Zuckerberg dan kawan-kawan memutuskan Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah (di sini SMU) pada Sep­tember 2005.

Tak lama kemudian mereka juga membuka jejaring para pekerja kantoran. Kesibukan yang luar biasa ini membuat Zuckerberg harus memutuskan keluar dari Harvard.

Zuckerberg dan kawan-kawan kemudian mengembangkan Facebook lebih jauh lagi. Pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk jejaring umum dengan syarat memiliki email. Sejak itulah jumlah anggota Facebook melesat.

Jejaring yang dihim­punnya mencapai enam juta jaringan (ke­lompok pertemanan) meliputi 55.000 jaringan berdasarkan demografi, pekerjaan, sekolah, kolegial, dan sebagainya.

Setiap harinya ada ratusan juta foto di-upload (dimasukkan ke Facebook). Dan dalam hal jumlah traffic pengakses Facebook menjadi website teraktif ke-6 di dunia dan menjadi website jejaring sosial kedua terbesar versi CamScore.

Banjir Dana Investor

Meski jumlah usernya meningkat tajam pada tahun 2005 disebutkan Facebook menga­lami kerugian sampai US$ 3,63 juta. Facebook kemudian mendapatkan dana sebesar US$ 25 juta dari Greylock Partners dan Meritech Capi­tal Partners. Dana itu digunakan untuk meluncurkan versi mobile.

Pada September 2007 Microsoft melakukan pendekatan dan menawarinya membeli 5% saham senilai sekitar US$ 300 juta hingga US$ 500 juta. Jika nilai itu disetujui maka nilai kapitalisasi Facebook sudah mencapai US$ 6 miliar hingga US$ 10 miliar atau sekitar Rp 54 triliun hingga Rp 90 triliun.

Namun Microsoft akhirnya mengumumkan hanya membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai US$ 240 juta pada Oktober 2007. Transaksi ini menunjukkan nilai kapitalisasi Facebook ternyata lebih tinggi yaitu sekitar US$ 15 miliar (sekitar US$ 135 triliun).

Setelah itu sejumlah tawaran mengepung Facebook. Li Ka-shing disebut-sebut ikut menginvestasinya sekitar US$ 60 juta pada November 2007.

Lalu ada berita yang menyebutkan Viacom, Yahoo, Google, dan sebagainya pun ikut menawar untuk membeli Facebook. Sejauh ini Zuckerberg me­ngatakan Facebook tak akan dijual. Melesatnya bisnis Facebook membuat Zuckerberg menumpuk kekayaan yang luar biasa.

Baca Juga:  Orangtua Sebut MPLS Secara Daring Tak Berguna Bagi Siswa Didik dan Habiskan Kuota Internet

Bill GatesBill Gates (kanan) dan Mark Zuckerberg. (Foto: Telegraph)

Majalah Forbes menyebutkan kekayaan Zuckerberg sendiri mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun di awal masuknya facebook ke pasar saham.

Jangankan untuk anak seusia Zuckerberg, untuk orang dewasa pun harta sebanyak itu tentu jumlah yang luar biasa besar. Maka wajar jika majalah itu menobatkannya sebagai The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet.

Prestasi yang diraih Zuckerberg tak benar­-benar mulus. Sejumlah perkara ia dapatkan sehubungan dengan Facebook. Termasuk dari rekannya di Harvard yang menyebutkan rancangan Facebook sebenarnya tiruan dari ConnectU.

Namun Zuckerberg tetap bergeming bahwa Facebook merupakan hasil karyanya. Meskipun ConnectU kalah dalam persidangan pertama, perusahaan ini mendaftarkan gugatan baru pada Maret 2008.

Kontroversi juga datang dari negara-negara seperti Myanmar, Bhutan, Syria, Arab Saudi, Iran dan sebagainya yang menyebutkan kalau Facebook mempromosikan serangan terhadap otoritas pemerintahannya sehingga akses terhadap Facebook di negara tersebut ditutup.

Di tengah sejumlah kontroversi itu, nama Facebook dan Mark Zuckerberg tetap digan­drungi banyak orang. Di tengah kepopuleran namanya dan jumlah kekayaan yang dimilikinya, Zuckerberg tetap sederhana.

Dia masih tinggal di apartemen sewaan dan di kamarnya hanya tersedia sebuah meja dan kursi. Kasurnya diletakkan di lantai. Kala datang ke kantornya di Palo Alto, Zuckerberg kerap berjalan kaki atau mengendarai sepeda.

Sumber Penghasilan Facebook

Sumber pendapatan Facebook dihasilkan dari jasa periklanan yang ditawarkan oleh Facebook di situs tersebut yang dikenal dengan nama Facebook ads.

Facebook ads mengusai pangsa pasar periklanan mobile di dunia bersama dengan Google. Perkembangan penggunaan smartphone yang sangat tinggi pada tahun 2017 membuat para pengiklan banyak melirik iklan mobile seperti Facebook ads.

Fitur Facebook ads sangat lengkap dan mudah untuk digunakan. Selain itu pemasang iklan juga dapat menentukan seberapa banyak jumlah jangkauan iklannya serta target dari iklannya. Dengan begitu budget serta hasil yang didapatkan bisa optimal oleh pengiklan. []

Source link