KOMPAS.com – Saat ini, perkembangan teknologi di dunia gadget menjadi satu keniscayaan. Hampir setiap saat muncul aneka teknologi baru yang menyempurnakan teknologi sebelumnya.

Misalnya saja perangkat laptop. Setiap tahun teknologi serta fitur-fitur yang disematkan pada laptop mengalami perkembangan.

Para produsen laptop pun terus berinovasi untuk menghadirkan teknologi terbaru lewat berbagai produk andalannya.

Sebut saja laptop dengan layar sentuh, sistem keamanan perangkat dengan sidik jari, laptop 2 in 1 yang dapat digunakan sebagai tablet, dan masih banyak lagi.

Nah, di tahun 2020 ini teknologi laptop juga akan semakin berkembang dan menghasilkan tren-tren anyar. Sebagian mungkin menjadi kelanjutan dari tren sebelumnya. Ada pula tren baru yang dapat memengaruhi desain laptop masa depan.

Apa saja tren terbarunya? Berikut ulasannya dari pcmag.com, Jumat (24/4/2020).

Teknologi 5G

Pengembangan dan penggunaan teknologi jaringan internet generasi kelima alias 5G untuk smartphone sedang gencar dilakukan beberapa tahun terakhir. Kini, penggunaan teknologi 5G juga mulai merambah jenis gadget lain, termasuk laptop.

Baca Juga:  Dorong transaksi elektronik, WhatsApp siap gandeng perusahaan lokal

Kehadiran teknologi 5G di laptop tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan seluruh aktivitas komputasi dengan kecepatan internet penuh dari mana saja.

Salah satu generasi laptop pertama yang memiliki konektivitas 5G adalah laptop HP Elite Dragonfly. Teknologi laptop terbaru dari HP Official itu diperkenalkan pertama kali di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 pada bulan Januari lalu.

Laptop bisnis 2 in 1 itu, dibekali dengan layar sentuh, sistem operasi Windows 10 Pro, dan prosesor intel generasi ke-10.

Selain HP, terdapat beberapa laptop lain yang juga telah menyematkan teknologi 5G di perangkatnya, seperti Lenovo Flex 5G dan Dell Latitude 9510.

Laptop dual screen dan layar lipat

Di masa mendatang, teknologi layar laptop akan semakin canggih dan futuristik. Misalnya, laptop dengan dua layar (dual-screen) yang salah satu layarnya merupakan pengganti keyboard konvensional.

Baca Juga:  Wadzpay dan XinFin Bekolaborasi di Teknologi Blockchain

Selain itu, teknologi layar yang dapat ditekuk dan dilipat juga akan merambah perangkat laptop. Di ajang CES 2020 lalu, Lenovo memperkenalkan prototipe ThinkPad X1 Fold dengan layar yang dapat dilipat seperti buku.

Mengutip Kompas.com, Rabu (7/1/2020), perangkat yang diklaim sebagai laptop layar lipat pertama di dunia itu memiliki layar sentuh sebesar 13,3 inci. Saat dibentangkan, laptop ini terlihat menyerupai perangkat tablet berukuran besar.

Laptop tersebut juga memiliki dua buah kaki yang bisa digunakan untuk membentangkan layar, sehingga bisa ditegakkan layaknya komputer desktop all-in-one dengan ukuran lebih kecil.

Belum ada tanggal pasti kapan laptop layar lipat itu dirilis. Kabarnya ThinkPad X1 Fold akan mulai dipasarkan pada musim gugur atau sekitar pertengahan tahun 2020.

Laptop gaming yang semakin tipis

Selama ini, laptop gaming identik dengan bobot berat dan tampilan body yang cukup besar. Namun, itu cerita lama.

Jika dulu kebanyakan laptop gaming memiliki berat sekitar 2-3,5 kilogram, kini sudah mulai bermunculan laptop yang lebih ringan dan tipis dengan berat di bawah 2 kilogram.

Baca Juga:  Prediksi Keamanan Siber 2020: IoT, 5G, dan Komputasi Awan

Contohnya, laptop ROG Zephyrus G14 milik Asus. Laptop gaming ini memiliki ketebalan kurang dari 2 sentimeter dengan bobot sekitar 1,7 kilogram. Meskipun tipis dan ringan, performa laptop tersebut tidak kalah dengan laptop gaming dengan dimensi lebih besar.

Laptop Asus ROG Zephyrus G14 dibekali AMD Ryzen Mobile Processor berarsitektur “Zen 2” dengan teknologi fabrikasi 7 nanometer (nm). Dilengkapi dengan RAM hingga 16 GB (DDR4) dan SSD hingga 1 TB, laptop ini diklaim mampu mengerjakan berbagai aktivitas berat, seperti bermain game atau videorendering.

Beberapa laptop dengan teknologi terbaru itu sudah dipasarkan di Indonesia dan bisa dibeli secara online lewat toko official di Tokopedia. Tak hanya laptop, ada juga berbagai aksesoris laptop serta perangkat elektronik untuk mendukung aktivitas sehari-hari.



Source link