PIKIRAN RAKYAT – Bermain game kini menjadi salah satu profesi yang cukup menggiurkan. Selama ini bermain game selalu dikaitkan dengan hal-hal negatif. Orang tua seringkali memarahi anaknya yang banyak bermain game.

Namun, kini bermain game ternyata bisa menjadi profesi yang menjanjikan di masa depan. Apalagi dunia game juga telah berkembang pesat ditambah liga-liga di dunia maupun di dalam negeri.

Salah seorang Host di Evos E-sport bernama Yansen mengungkapkan gaji gamer profesional di Evos berada dalam rentang Rp 8 hingga 10 juta per bulan.

Gaji itu hanya bermain game saja belum termasuk bonus-bonus lainnya.

“Gaji topnya itu Rp 8 sampai 10 juta per bulan,” kata Yansen kepada Gading Marten seperti dikutip Pikiran-rakyat.com dari tayangan kanal YouTube KUY Entertainment pada Rabu, 15 Juli 2020.

Baca Juga:  Nostalgia Bersama Game Story of Season: Friends of Mineral Town

Sementara Manajer PUBG Mobile Evos Natnat enggan memberitahukan gaji pemain profesional.

Natnat hanya mengatakan gaji gamer di atas UMR.

“Tiap tim sih beda-beda. Di atas UMR sih, saya nggak bisa nyebutin,” kata dia.

Industri gamer telah berkembang pesat saat ini, ditambah pandemi virus corona, bermain game menjadi salah satu kegiatan yang menghibur orang-orang di tengah penguncian.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Careergamers, gamer profesional bisa menghasilkan pendapatan rata-rata 60.000 dolar AS atau sekitar Rp 875 juta per tahunnya.

Penghasilan ini sudah termasuk bonus dari hadiah turnamen, sponsor dan lain-lain.

Berdasarkan survei dari Esportsearnings.com, pemain pro bisa menghasilkan antara 1.000 hingga 5.000 dolar AS per bulan atau Rp 14,5 juta hingga 72 juta per bulannya.

Baca Juga:  China Sebut Game Lebih Bahaya dari Narkoba, Industri Esports Kepanasan

Gamer profesional dengan bayaran tertinggi bisa menghasilkan hingga 15.000 dolar AS setara Rp 218 juta dari gabungan gaji pokok, bonus hadiah dan sponsor.

Selain itu, para gamer juga bisa mendapatkan penghasilan dari streaming di YouTube, Twitch, Facebook dan lain-lain.***

Source link