Banyak orang yang memilih melindungi ponsel mereka dengan pelindung tambahan seperti case. Tak hanya sebagai pelindung, case ponsel juga mempunyai banyak pilihan desain unik yang dapat dipilih berdasarkan karakter atau preferensi pengguna.

Idealnya, case ponsel dibersihkan sebulan sekali untuk membuatnya tetap awet dan tidak mudah usang. Tetapi di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19), membersihkan case secara rutin, terutama setelah dari luar rumah sangat dianjurkan.

Apalagi jika Anda tahu bahwa case ponsel Anda kemungkinan telah terpapar bakteri, kuman, bahkan virus dari permukaan atau tangan Anda.

Nah, berikut langkah-langkah penting yang dapat Anda lakukan saat mendisinfeksi case ponsel Anda, seperti dilansir dari What Mobile, Senin (20/7/2020). Metode ini dapat digunakan pada case berbahan dasar plastik atau model transparan:

Baca Juga:  Selain Laptop, 5 Gadget Penting untuk Menunjang Aktivitas WFH 

1. Lepaskan ponsel Anda dari case-nya. Jangan coba mendisinfeksi case sebelum Anda melepaskannya dari ponsel, karena desinfektan dapat merusak komponen internal.

2. Pisahkan komponen case jika Anda memilikinya. Misalnya, plastik bagian dalam yang lunak dan terpisah.

3. Kemudian gunakan sedikit cairan alkohol (70% atau lebih tinggi), lalu gosok menggunakan kain lembut. Kain lembut ini sangat penting untuk memastikan Anda tidak menggores case Anda.

4 Jika Anda mempunyai botol sprayer disinfektan, semprotkan alkohol, gosok langsung ke case Anda dan gosok dengan kain.

5. Bersihkan semua komponennya dengan alkohol dan kain di kedua sisinya, luar dan dalam.

6. Bersihkan menggunakan cairan alkohol, gosok dengan kain kering yang benar-benar bersih.

Baca Juga:  Sekolah dari Rumah, Orangtua Tetap Harus Batasi Penggunaan Gadget pada Anak

7. Setelah selesai, keringkan case di udara terbuka dan tunggu setidaknya satu jam sebelum Anda mencoba memasangnya kembali ke ponsel Anda.

Case kulit

Jika Anda memiliki case berbahan dasar kulit, ini bisa sedikit lebih rumit untuk dibersihkan karena kulit sangat sensitif terhadap kelembaban dan desinfektan.

Pasalnya ketika Anda membersihkan case dari bahan kulit, seringkali warnanya bisa terpengaruh. Jadi sebaiknya, gunakan air hangat dan sabun yang mild untuk mencegah kerusakan pada bahan kulit itu. Anda juga bisa menggunakan pembersih khusus untuk bahan kulit dengan kain lembut, sehingga dapat membersihkannya lebih dalam.

Selamat mencoba!

Source link