Quantum Computing Inc. dari Leesburg, Va., mengumumkan pada 24 Mei bahwa pihaknya menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi QPhoton yang berbasis di Hoboken, sebuah perusahaan inovasi fotonika kuantum yang didirikan oleh Yuping Huang, seorang profesor di Institut Teknologi Stevens.

Menurut pengumuman tersebut, akuisisi QPhoton, yang telah mengembangkan serangkaian sistem fotonik kuantum (QPS), memajukan QCI menjadi perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras kuantum spektrum penuh.

Huang — yang gelar penuhnya di Stevens Institute adalah Gallagher Associate Professor of Physics dan direktur pendiri Center for Quantum Science and Engineering — telah mengembangkan teknik kuantum berdasarkan investasi lebih dari $18 juta dari lembaga federal termasuk Departemen Pertahanan, National Yayasan Sains dan NASA. Pengumuman itu mengatakan penelitiannya telah mengarah pada pengembangan teknologi kuantum dan fotonik praktis mulai dari jaringan kuantum, pencitraan biomedis kuantum, dan pemrosesan kuantum pada chip hingga penginderaan jauh kuantum.

QPS QPhoton, termasuk untuk AI dan pengoptimalan, beroperasi pada suhu kamar dan menjaga stabilitas di berbagai lingkungan, menghindari lingkungan yang mahal dan terkadang rumit yang dibutuhkan oleh teknologi lain.

“Akuisisi ini adalah kunci untuk QCI memenuhi komitmennya untuk menjadi kekuatan demokratisasi yang memberdayakan para ahli non-kuantum untuk mewujudkan nilai kuantum,” Robert Liscouski, CEO QCI, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Kombinasi teknologi dan sistem pemrosesan kuantum QPhoton yang kuat dengan perangkat lunak Qatalyst QCI secara signifikan mempercepat aksesibilitas ke solusi kuantum untuk masalah bisnis nyata. Setahun yang lalu fungsi kuantum ini tampak jauh. QCI, dengan teknologi QPhoton, akan meluncurkan sistem kuantum full-stack yang siap dijalankan di mana saja yang dapat memberikan solusi yang terjangkau dan ramah pengguna untuk masalah bisnis nyata kepada audiens yang jauh lebih besar.”

Huang menambahkan, “Menggabungkan kekuatan dengan QCI adalah kesempatan penting dalam mencapai pekerjaan hidup saya dalam memberikan nilai kuantum nyata ke industri. [The combination of QPhoton’s QPS and QCI’s Qatalyst software] meletakkan dasar bagi solusi kuantum yang dapat diskalakan untuk dimasukkan ke dalam aktivitas bisnis penting dan akan beroperasi dengan mulus bersama teknologi klasik saat ini.”

Paul Nashawaty, analis senior di Enterprise Strategy Group, mengatakan menggabungkan inovasi ini akan berguna dalam industri seperti “optimasi dan penemuan obat.”

“Ini adalah proses yang sama yang mendorong nilai dalam komputasi klasik dan kami melihatnya sekarang dalam kuantum,” kata Nashawaty.

Berdasarkan perjanjian tersebut, QPhoton akan menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh QCI; Huang diharapkan untuk bergabung dengan perusahaan sebagai direktur dan pejabat. Dia juga akan terus memimpin Pusat Sains dan Teknik Kuantum di Stevens Institute. Oleh karena itu, kemitraan ini akan memberikan kesempatan pendidikan bagi mahasiswa fisika universitas, kata Liscouski.

“Stevens Institute of Technology sangat bangga bahwa Profesor Yuping Huang, QPhoton dan QCI telah mencapai titik menarik ini dalam tujuan mereka untuk membuat kemampuan kuantum dapat diakses secara luas oleh banyak industri,” kata Nariman Farvardin, presiden Stevens Institute. “Dr. Huang adalah peneliti dan wirausahawan berbakat dan produk dari lingkungan yang subur di Stevens yang mendukung fakultas dalam menciptakan teknologi baru yang berpotensi menjadi pengganggu utama dalam industri dan masyarakat.”

Pada penutupan transaksi, diharapkan pada kuartal ketiga atau keempat tahun 2022 dan tunduk pada kondisi tertentu, QCI akan mengeluarkan kepada pemegang saham QPhoton pertimbangan merger agregat yang terdiri dari: 5.802.206 saham biasa QCI; 2.377.028 lembar saham preferen seri baru QCI, yang dapat dikonversi menjadi 23.770.280 lembar saham biasa (dengan persetujuan pemegang saham QCI); dan waran yang dapat dieksekusi, dengan harga pembelian $0,0001 per saham, untuk membeli hingga 7.028.337 lembar saham biasa (dengan persetujuan dari pemegang saham QCI).