Jakarta, CNBC IndonesiaNadiem Makarim menyatakan tak lagi memiliki wewenang dan kekuasaan di Gojek. Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo akan menggantikan Nadiem sebagai pemimpin Gojek.

Nadiem Makarim mengatakan semenjak hari ini (21/10/2019), ia sudah tidak lagi memiliki posisi dan kewenangan di Gojek. Ia memilih fokus untuk menjadi menteri Jokowi jilid II.

“Sudah tidak lagi di Gojek. Sama sekali sudah tidak ada lagi posisi dan kewenangan di Gojek,” ujarnya usai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.
Sebagai penggantinya, pemegang saham Gojek sudah sepakat startup ride-hailing ini akan dipimpin oleh co-founder Gojek Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo, President Gojek.

Ini Andre Soelistyo, Bos Baru Gojek Suksesor Nadiem MakarimFoto: Presiden Direktur Go-Jek, Andre Soelistyo (CNBC Indonesia/Rahajeng Kusumo Hastuti)

“Kepergian Nadiem akan membuat Andre Soelistyo, Presiden Gojek Group dan Kevin Aluwi, co-founder Gojek, berbagi tanggung jawab untuk memimpin perusahaan melalui tahap pertumbuhan berikutnya sebagai co-CEO,” ujar Nila Marita, Chief Corporate Affairs Gojek, dalam keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia.

Baca Juga:  Gojek Dukung Kominfo Percepat Digitalisasi UMKM

Lalu siapa Andre Soelistyo? Sebelum menjadi co-CEO Gojek, Andre merupakan President Gojek. Dia merupakan perwakilan Northstar Group yang merupakan salah satu pemegang saham Gojek. Northstar termasuk salah satu investor awal Gojek.

Mengutip Linkedin, Andre merupakan alumnus University of Technology Sidney. Ia menamatkan pendidikannya pada 2005 dengan jurusan Information Technology. Pada 2005-2008 ia bergabung dengan Triputra Group sebagai management Trainee.

Triputra merupakan perusahaan yang bergerak dalam empat lini bisnis. Yakni, agribisnis, manufaktur, pertambangan serta perdagangan dan jasa. Triputra didirikan oleh TP Rachmat, mantan CEO Astra International dan salah satu orang terkaya di Indonesia.

Pada 2009, Andre bergabung dengan PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) sebagai head of corporate finance. DOID merupakan salah satu emiten pertambangan batu bara yang melantai di bursa. Ia bekerja di sana selama dua tahun.

Baca Juga:  Bidik Warung, Gojek – Bukalapak Hadapi Tiga Persoalan

Pada 2016, Andre menjadi managing director Northstar Group. Ini merupakan perusahaan investasi yang berinvestasi di Asia Tenggara. Ia menduduki posisi ini selama 7 tahun lebih.

Pada 2016, Andre Soelistyo bergabung dengan Gojek. Posisinya sebagai president Gojek. Nah, setelah Nadiem Makarim mundur, ia bersama dengan Kevin Aluwi ditunjuk sebagai pemimpin baru Gojek.

(roy/roy)




Source link