tokyo_game_show_2021

Jakarta: Komitmen pemerintah untuk mendukung industri game Tanah Air terutama developer game lokal secara berkelanjutan tetap terlaksana di tahun ini.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mengirimkan sejumlah developer game lokal untuk mengikuti ajang Tokyo Game Show dan Gamescom Global 2021.

Rencana ini disampaikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual dengan menggandeng Asosiasi Game Indonesia (AGI). Dia menyebutkan dari Indonesia akan ada 30 peserta untuk Gamescom Global 2021 dan 19 peserta di Tokyo Game Show.

“Kemenparekraf akan memfasilitasi 30 peserta Gamescom dan 19 peserta untuk Tokyo Game Show. Jadi jenisnya beragam dari game developer studio sampai game publishing dan game service,” ujarnya.

“Kami bersama-sama partner memulai proses kurasi untuk menentukan pelaku serta produk game lokal yang cocok serta qualified untuk dipasarkan ke pasar industri game global,” imbuh Sandiaga.

Dia mengklaim bahwa sejumlah pihak terkait sudah menyiapkan pembekalan dan technical meeting untuk para delegasi sehingga mampu meyakinkan buyer atau investor di sana terkait kualitas produk Indonesia untuk tertarik menjalin kerja sama lebih lanjut.

“Pasca-event, kami sebagai bagian dari pemerintah tentunya tidak menginginkan program partisipasi dalam pameran dagang ini berlalu saja tanpa adanya hasil serta evaluasi yang jelas,” tegas Sandiaga.

Tokyo Game Show bakal berlangsung tanggal 30 September mendatang, sementara Gamescom berlangsung di akhir bulan ini. Keduanya merupakan ajang pameran industri game yang sangat besar dan populer dan menjadi kesempatan bagi sejumlah publisher dan developer memamerkan karyanya.

Source link