Berdasarkan survei terbaru dari Asosiasi Penyedia Layanan Internet di Indonesia (APJII), jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai 171,17 juta orang pada awal 2019, atau sekitar 64,8 persen dari total populasi Indonesia. Survei, yang melibatkan ‘probability sampling’ dan ‘multistage random sampling’, memiliki margin kesalahan 1,28 persen.

Jamalul Izza, Ketua Umum APJII, mengomentari survei yang mengatakan pertumbuhan yang kuat dalam jumlah pengguna Internet Indonesia berbanding dengan fakta bahwa masih ada banyak di antara 267 juta penduduk negara yang tidak online yang berarti masih ada banyak ruang untuk lebih lanjut pertumbuhan.

Selain itu, pemerintah Indonesia telah berkeinginan untuk menciptakan jaringan kabel serat optik bawah laut di seluruh negeri untuk menawarkan akses Internet yang terjangkau serta cepat bagi semua orang. Proyek ini adalah proyek Palapa Ring yang diharapkan selesai sepenuhnya pada Agustus 2019. Tantangan utama dari proyek ini adalah bagian timur Indonesia. Sementara itu, penyedia internet juga sibuk membangun infrastruktur telekomunikasi di seluruh negeri.

Region% Total Pengguna Internet
Jawa55%
Sumatra21%
Sulawesi, Maluku, Papua10%
Kalimantan9%
Nusa Tenggara5%
Total100%