Laporan Wartawan PitaData.com, Lita Febriani

PitaData.com, JAKARTA – Teknologi layar sentuh memungkinkan produsen mobil untuk menambahkan banyak fitur ke kendaraan.

Layar sentuh juga membantu menekan biaya produksi dalam jangka panjang, karena ada lebih sedikit tombol dan kenop fisik untuk pembuatan, pemasangan dan servis.

Kelemahannya adalah ketika berada di jalan yang bergelombang dapat menyulitkan pengguna untuk memilih item yang benar di layar dan lebih buruk lagi, teknologi ini memerlukan pengemudi untuk mengalihkan perhatian mereka saat mengemudi.

Jaguar Land Rover (JLR) dan University of Cambridge, Inggris bekerja sama untuk menemukan solusi, seperti teknologi layar sentuh tanpa kontak.

Baca: Viral di Medsos, Kelakuan Jorok Penumpang Mainkan Layar Sentuh di Pesawat Pakai Kaki

Lewat kerjasama tersebut, keduanya berhasil menciptakan teknologi Predictive Touch.

JLR menyatakan bahwa selama tes laboratorium, sistem yang mereka kembangkan dapat mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan pengemudi menggunakan layar sentuh kendaraan sebesar 50 persen.

Baca: Anak Buah Presiden Jokowi Ini Koleksi Mobil dari Jaguar sampai Land Cruiser

Lebih lanjut, penurunan waktu yang dihabiskan untuk berurusan dengan layar adalah hasil dari sistem yang memungkinkan pengemudi untuk memilih item lebih cepat.

Predictive Touch memiliki pelacak gerakan yang menggunakan sensor berbasis frekuensi radio untuk menentukan di mana tangan pengemudi berada dan menggabungkannya dengan kecerdasan buatan untuk mengetahui apa yang ingin dipilih pengemudi sebelum mereka menyentuh kaca.

JLR dan Cambridge juga mencatat bahwa sensor lain seperti pelacak mata dapat digunakan untuk menentukan tempat di layar yang ingin dipilih pengguna mobil.

“Teknologi kami memiliki banyak keunggulan dibandingkan teknik interaksi konvensional, karena mendukung interaksi intuitif dengan desain antarmuka dan tidak memerlukan pembelajaran apapun dari pengguna,” tutur Perwakilan Cambridge, Bashar Ahmad dikutip dari Car and Driver, Senin (27/7/2020).

Sistem berbasis perangkat lunak dan bergantung pada sensor ini dapat disebarkan ke mobil dan SUV yang ada.

Memiliki tangan melayang di atas layar saat memilih item mungkin akhirnya menjadi nyaman, tetapi pada awalnya, itu bisa aneh.

Foto : Istimewa
Caption : Teknologi Predictive Touch yabg dikembangkan Jaguar Land Rover (JLR) dan University of Cambridge Inggris bekerja sama untuk menemukan solusi, seperti layar sentuh tanpa kontak.

Source link