PitaData.com–Ada beberapa pihak yang memiliki teori konspirasi jika media sosial seperti Facebook dan Instagram memata-matai para pengguna dan mendengarkan percakapan kita. Jika tidak, lantas bagaimana mereka bisa menampilkan iklan dan layanan yang baru saja kita bicarakan dengan orang lain di dunia nyata?

Tapi media sosial di atas kerap membantah tudingan ini. Sekalipun demikian, beberapa pengguna masih percaya dengan teori konspirasi tersebut. Dengan iOS 14, sepertinya teori konspirasi itu akan semakin menguat. Apalagi karena iOS 14, terungkap jika Instagram selalu mengakses kamera pengguna bahkan jika mereka tidak menggunakan kamera  dan hanya membuka feed.

Begitu temuan itu muncul, Instagram merilis pernyataan jika hal ini adalah bug dan mereka akan memperbaikinya dalam update berikutnya. “Kami hanya mengakses kamera Anda saat Anda memerintahkan kami–contohnya, saat Anda menggeser dari Feed ke Camera. Kami menemukan dan memperbaiki bug pada iOS 14 Beta yang secara salah mengindikasikan jika beberapa orang menggunakan kamera padahal tidak. Kami tidak mengakses kamera Anda pada kesempatan itu dan tidak ada konten yang direkam,” ungkap Instagram dilansir dari Ubergizmo, Minggu (26/7).

iOS 14 membawa beberapa perbaikan besar pada privasi pengguna iPhone. OS itu memperingatkan pengguna jika ada beberapa aspek perangkat yang diakses aplikasi seperti clipboard, mikrofon dan kamera. Baru-baru ini, lebih dari 50 aplikasi ditemukan diam-diam mengakses clipboard pengguna tanpa sepengetahuan mereka.

Editor : Ranu Ario

Source link