ILUSTRASI. Jeff Zhang, Alibaba Group CTO and President of Alibaba Cloud, meluncurkan AI Inference Chip HanGuang 800 NPU pada acara tahunan Apsara Conference 2019

JAKARTA. Alibaba Cloud kian gencar mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Terbaru, perusahaan asal Tiongkok ini mengumumkan penambahan pusat data ke-3 di Indonesia.

Head of Solutions Architect, Alibaba Cloud Indonesia Max Meiden Dasuki menyebutkan ekspansi tersebut selaras dengan meningkatnya permintaan layanan cloud di Indonesia. Ia menilai setelah global pandemi ini, kebanyakan bisnis dan masyarakat semakin merasa ‘go to digital is a must’.

“Sehingga implementasi digitalisasi semakin dipercepat,” tuturnya dalam konferensi pers, Senin (13/7).

Pihaknya juga memastikan ketiga pusat datanya akan memberi kemudahan akses dan memperkuat kemampuan pemulihan bencana, yang memungkinkan pelanggan untuk mendistribusikan beban kerja yang sangat penting ke berbagai zona ketersediaan.

Baca Juga:  Jumlah lender naik, fintech P2P lending makin diminati pencari cuan

Adapun, ekspansi ini dilakukan setelah Alibaba Cloud Indonesia membangun data center pertamanya di tahun 2018 dan data center kedua di tahun 2019. Setelah data center ketiga didirikan, Alibaba Cloud akan memiliki 64 zona ketersediaan di 21 wilayah di seluruh dunia.

Selain itu, pusat data barunya ini dinilai akan memperkaya penawaran perusahaan untuk pelanggan lokal, menyediakan rangkaian produk dan layanan cloud yang komprehensif dari database, keamanan, jaringan ke pembelajaran mesin dan analisis data.

Source link