Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan telekomunikasi digital, Indosat Ooredoo melalui Indosat Ooredoo Business, menghadirkan solusi kota pintar, Hybrid Cloud, dan Maha Data sebagai sarana koordinasi dan kolaborasi antara dinas atau instansi di pemerintah kota.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Qlue dan Alibaba Cloud untuk merealisasi sarana koordinasi tersebut.

“Kami bekerja sama dengan Qlue dan Alibaba Cloud dalam menghadirkan solusi Smart City dan Hybrid Cloud, karena kami berkomitmen penuh untuk menghadirkan solusi yang tepat sasaran dan mampu memberikan kemudahan. Kami berharap solusi ini akan membantu pelanggan pemerintahan untuk menjalankan roda pemerintahan dengan lebih efektif dan efisien,” terangnya lewat diskusi virtual, Kamis, (16/7/2020).

Adapun kerja sama dengan Qlue dimaksudkan untuk memungkinkan pemerintah kota memantau pergerakan dan aktivitas masyarakat Indonesia terkait dengan protokol kesehatan Covid-19 seperti kewajiban memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, pemantauan kapasitas gedung, dan penggunaan transportasi untuk menghindari terjadinya penularan virus Covid-19. 

Baca Juga:  7 Mobile Game yang Buat Kamu Betah #Dirumahaja - PitaData.com

Sedangkan, kerja sama dengan Alibaba adalah untuk mengembangkan solusi Hybrid Cloud untuk berbagai sektor termasuk layanan publik untuk meningkatkan efisiensi operasional. Hybrid Cloud merupakan solusi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (ICT/TIK) yang bisa digunakan untuk mencapai suatu efisiensi dalam proses dan pengelolaan data.

“Sebagai contoh, adanya pemrosesan data secara terpusat pada pemerintah kota yang akan mempermudah dalam melakukan Analisa data yang bertujuan untuk mengimplementasikan kecerdasan buatan (AI) yang dibutuhkan saat ini untuk mempercepat pengambilan keputusan,” tuturnya.

Dia mengklaim bahwa untuk solusi Hybrid Cloud dapat diintegrasikan dengan pangkalan data yang sudah dimiliki suatu pemerintah kota, sehingga dengan adanya integrasi data maka bisa dilakukan Data Analytic dan AI (Artificial Intelligence) yang akurat

Baca Juga:  Kredit Macet Melonjak Saat Pandemi, Fintech Modalku Perketat Pinjaman

Lebih dari itu, dia mengungkapkan bahwa teknologi Maha Data dapat digunakan pemerintah kota dalam pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Penggunaan teknologi ini akan lebih memudahkan proses analisa data seperti arus lalu lintas dan kegiatan ekonomi sebuah kota.

Dia mengungkapkan bahwa solusi kota pintar memungkinkan pemerintah kota dan perusahaan melakukan penghematan pengeluaran biaya operasional dengan koordinasi dan kolaborasi yang dilakukan secara digital dengan menggunakan apikasi. 

“Sementara Hybrid Cloud dapat menjadi solusi pemerintah kota untuk implementasi pusat data yang terintegrasi pada semua dinas atau instansi terkait infrastuktur IT yang fleksibel, efisien, dan cepat melalui Hybrid Cloud,” terangnya.

Adapun dia mengungkapkan selain bekerja sama, pihaknya menghadirkan platform bernama Connex sebagai ruang untuk saling berbagi pengetahuan serta perkembangan terkini seputar industri dan teknologi.

Baca Juga:  Ciptakan Peluang Bisnis Baru, Taiwan Tampilkan Transformasi Digital dalam Inovasi Medis

“Berangkat dari Convention dan Expert, harapannya melalui platform Connex ini kami dapat semakin dekat dengan seluruh mitra dan pelanggan serta terlibat secara aktif untuk saling mendukung dan menciptakan inovasi-inovasi baru agar mencapai kemajuan bersama melalui berbagai kegiatan baik offline maupun online, salah satunya yaitu Webinar,” jelasnya

Konten Premium Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.





Source link