Apple telah mengumumkan target untuk menjadi netral karbon di seluruh bisnis dan rantai pasokan manufaktur pada tahun 2030.

Perusahaan mengatakan komitmen itu berarti perangkatnya akan memiliki “dampak iklim nol” pada titik penjualan.

Ini mengatakan kepada BBC News bahwa perusahaan yang berharap menjadi pemasok harus berkomitmen untuk “menjadi 100% terbarukan untuk produksi Apple mereka” dalam 10 tahun.

Ini mengikuti janji yang berfokus pada iklim oleh raksasa teknologi lainnya.

Microsoft telah melangkah lebih jauh, dengan menjanjikan:

  • menjadi karbon negatif pada tahun 2030
  • pada tahun 2050, telah menghilangkan jumlah karbon yang sama seperti yang pernah dipancarkan dari lingkungan

Itu juga baru saja mengumumkan penciptaan konsorsium yang melibatkan Nike, Starbucks dan Mercedes-Benz antara lain untuk berbagi informasi tentang teknologi pengurangan karbon.

Amazon telah menetapkan target 2040 untuk menjadi netral karbon, mencerminkan tantangan yang dihadapinya dalam mengubah kendaraan pengiriman rumah menjadi sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

Dan Google telah mengatakan juga bermaksud untuk memperpanjang status karbon-netral ia mengklaim operasinya sendiri mencakup rantai pasokannya tetapi belum menetapkan batas waktu.

Perusahaan-perusahaan sering mencatat tujuan mereka adalah bertahun-tahun di depan target Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim tahun 2050 untuk emisi karbon dioksida nol persen, yang menurut IPCC diperlukan untuk membatasi pemanasan global.

Tetapi kelompok kampanye lingkungan Greenpeace mengatakan kepada BBC News bahwa raksasa teknologi adalah salah satu perusahaan paling menguntungkan di dunia dan karenanya memiliki tanggung jawab untuk bertindak cepat.

Baca Juga:  Apple Bagi-bagi iPhone Istimewa Buat Hacker

“Saya senang melihat bahwa Apple telah bekerja dengan pemasok untuk mendapatkan energi terbarukan yang sebenarnya dan bahwa itu tidak bergantung pada solusi berdampak rendah seperti kredit pengganti atau kredit energi terbarukan,” kata juru kampanye senior perusahaan Greenpeace USA, Elizabeth Jardim.

“Tetapi saya ingin melihat bagaimana perusahaan ini secara bertahap menghapus ketergantungan pada bahan bakar fosil selama operasinya dalam jangka waktu dekat.

“Saat ini, perusahaan telah mencocokkan permintaan energi pusat data dengan energi terbarukan dan berkomitmen untuk melakukan hal yang sama untuk rantai pasokannya.

“Tapi ini tidak sama dengan menghapus penggunaan bahan bakar fosil sama sekali.”

Sebaliknya, ia menambahkan, Google telah berkomitmen untuk memberi daya pada pusat data dengan energi terbarukan sepanjang waktu.

Apple mengakui rencananya melibatkan investasi dalam proyek ramah lingkungan baru serta pembelian offset energi hijau untuk mengimbangi beberapa penggunaan berkelanjutan dari bahan bakar emisi karbon.

Ini bermaksud untuk mengurangi emisi dari jejak karbon saat ini sebesar 75% lebih lanjut sebelum batas waktu 2030.

Tapi itu menunjukkan fakta bahwa beberapa penggunaan energi – misalnya bahan bakar cair yang digunakan dalam penerbangan jarak jauh – tidak dapat dengan mudah ditukar dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:  Apple Akan Pasang Lensa Periskop di iPhone Pada 2022

Robot tanah jarang

Apple telah menerbitkan peta jalan 10 tahun yang merinci beberapa tindakan yang rencananya akan diambil.

Ini termasuk penggunaan robot baru, dijuluki Dave, untuk memulihkan bahan dari Mesin Taptic bergetar dari perangkat yang dikembalikan untuk didaur ulang.

Bagian ini digunakan untuk memberikan umpan balik haptic kepada pemilik jam tangan pintar, tablet, ponsel cerdas dan laptop.

“Begitu mesinnya dilepas [by another robot] Daisy, Dave akan membongkar mesin itu sendiri dan menghapus elemen rare-earth dan tungsten sehingga mereka dapat diolah kembali dan dimasukkan kembali ke dalam rantai pasokan, “kata kepala lingkungan Apple, Lisa Jackson.

Dia mengatakan lebih dari 70 pemasok yang ada di perusahaan telah berkomitmen untuk menggunakan energi terbarukan 100% untuk mengerjakan produknya pada tahun 2030.

“Beberapa investasi yang kami lakukan adalah bekerja dengan pemasok untuk meyakinkan pemerintah mereka sendiri untuk menggunakan lebih banyak energi bersih,” tambah Jackson.

Hak cipta gambar
apel 
Keterangan gambar
Apple berinvestasi dalam sebuah proyek untuk memberi manfaat bagi ekosistem garis pantai Kolombia di antara proyek-proyek lainnya 

Upaya lain yang diumumkan oleh Apple meliputi:

  • peningkatan penggunaan bahan baku daur ulang dalam produknya sendiri
  • proyek panel surya baru di Skandinavia, untuk memberi daya pada pusat datanya sendiri
  • pengembangan proses peleburan aluminium bebas karbon sebagai bagian dari kolaborasi dengan dua pemasok
  • investasi dalam proyek-proyek lingkungan, termasuk pekerjaan untuk memulihkan pohon bakau dan semak-semak di pesisir Kolombia dan padang rumput hutan-rumput di Kenya
  • bekerja pada proyek-proyek energi ramah lingkungan untuk memberi manfaat bagi masyarakat setempat, termasuk pemasangan panel surya atap di fasilitas untuk anak-anak yang kurang beruntung di Filipina dan elektrifikasi komunitas nelayan di luar jaringan di Thailand
Baca Juga:  Sebanyak 2.500 Game Dihapus dari AppStore China, Ini Penyebabnya

Karbon netral dan karbon negatif

Ketika sebuah bisnis mengatakan itu karbon netral, ini bertujuan untuk secara efektif menambahkan tidak ada karbon ke atmosfer.

Ini dapat dilakukan dengan:

  • menyeimbangkan emisinya, misalnya dengan menghilangkan satu ton karbon dari atmosfer untuk setiap ton yang telah dihasilkannya
  • mengimbangi emisinya, misalnya dengan berinvestasi dalam proyek-proyek yang mengurangi emisi di tempat lain di dunia
  • tidak melepaskan gas rumah kaca sejak awal, misalnya dengan beralih ke sumber energi terbarukan

Sampai sekarang, sebagian besar perusahaan telah fokus pada mengimbangi emisi untuk mencapai netralitas.

Ini sering melibatkan pendanaan proyek di negara-negara berkembang untuk mengurangi emisi karbon di sana, misalnya membangun pembangkit listrik tenaga air, mendorong keluarga untuk berhenti menggunakan kompor berbasis kayu, dan membantu bisnis memanfaatkan tenaga surya. Pengurangan ini kemudian dikurangkan dari output perusahaan sendiri.

Hasil ini memperlambat emisi karbon daripada membalikkannya.

Menjadi karbon negatif sebuah perusahaan harus benar-benar menghilangkan lebih banyak karbon dari atmosfer daripada yang dipancarkannya.

Microsoft telah mengatakan akan melakukan ini menggunakan berbagai teknologi penangkapan karbon dan penyimpanan.

Source link