Harta orang terkaya Asia, Mukesh Ambani, telah melampaui kekayaan dari miliarder teknologi Elon Musk dan pendiri induk perusahaan Google (Alphabet), Sergey Brin dan Larry Page. Kini, Ambani menduduki posisi keenam orang terkaya dunia.

Bos dari perusahaan Reliance Industries itu memiliki kekayaan 72,4 miliar dolar AS (sekitar Rp1,1 kuadriliun), menurut data Bloomberg Billionaires Index. Saham konglomerat India itu meningkat lebih dari dua kali lipat dari level terendah berkat deretan investasi baru dari Facebook, Silver Lake, dan Qualcomm.

“Kerjaan bisnis energi Ambani perlahan berubah menjadi¬†e-commerce, bergerak di bisnis digital India yang berkembang pesat,” tulis media lokal¬†Indian Express, seperti dikutip pada Jumat (17/7/2020).

Baca Juga:  Larry Ellison, Bos Oracle Berharta Rp1.066 T

India telah melihat lonjakan minat investasi di ekonomi digitalnya, khususnya dari perusahaan teknologi berbasis di Lembah Silikon. Bahkan, Google rela merogoh kocek miliaran dolar di negara itu.

Google mengatakan, “kami akan mengucurkan 10 miliar dolar AS di masa depan, demi mempercepat adopsi teknologi digital di India.”

Berbanding terbalik dengan naiknya kekayaan Ambani, harta milik bos Alphabet justru berkurang akibat penurunan saham perusahaan pada awal pekan ini. Kini, kekayaan Page ada di angka 71,6 miliar dolar AS; Brin 69,4 miliar dolar; sedangkan Musk si bos Tesla memiliki harta 68,6 miliar dolar AS. Kekayaan bersih Buffet juga turun pekan lalu setelah berdonasi 2,9 miliar dolar AS.

Baca Juga:  Pria Putus Sekolah Ini Jadi Orang Terkaya di Korsel Berkat Game Online

Source link