KOMPAS.com – Selama 15 tahun terakhir, game konsol keluaran terbaru umumnya dijual dengan harga resmi 60 dollar AS atau sekitar Rp 864.000.

Namun, harga tersebut nampaknya tak akan berlaku untuk game konsol PlayStation 5 ( PS5) dan Xbox Series X.

Analis industri game dari firma riset NPD Group, Mat Piscatella, mengatakan bahwa standar harga game untuk konsol generasi berikutnya akan mengalami kenaikan sebesar 10 dollar AS.

“70 dollar AS akan menjadi standar baru untuk harga game konsol generasi selanjutnya,” tulis Mat melalui akun Twitter pribadinya.

Menurut Mat, indikasi kenaikan harga tersebut mulai terendus setelah studio game 2K mengumumkan harga untuk game NBA 2K21.

Baca Juga:  Mobile Game Makin Berkembang, Ini Deretan Inovasi Milik Smartphone Gaming

Baca juga: Harga Konsol PS5 Kembali Muncul di Situs Belanja Online

Game bergenre sport tersebut diketahui akan hadir di PS5 dan Xbox Series X dengan harga 70 dollar AS atau senilai Rp 1 juta.

Sementara untuk konsol current game, PS4 dan Xbox One, game NBA 2K21 ini tetap dibanderol dengan harga 60 dollar AS.

Alasan kenaikan harga game itu diduga terjadi akibat tingginya harga produksi untuk pembuatan game konsol generasi terbaru.

Sehingga, para penerbit dan pengembang game tak lagi dapat memasang harga standar 60 dollar AS untuk game PS5 dan Xbox Series X.

Perubahan harga game sendiri sebenarnya sudah menjadi hal yang umum terjadi pada industri video game.

Baca Juga:  Kenapa Game Among Us Tiba-Tiba Populer?

Kenaikan harga juga telah terjadi sejak PlayStation 3 (PS3) dan Xbox 360 diluncurkan. Kala itu, harga game kedua konsol tersebut naik menjadi 60 dollar AS dari harga game PS2 dan Xbox yang dibanderol 50 dollar AS.

Selain menaikkan harga pokok, para pelaku industri video game pun sejak beberapa tahun belakangan sudah memutar otak untuk mendapat keuntungan lebih banyak.

Baca juga: Ungkap Daftar Game Xbox Series X, Microsoft Malah Disindir Warganet

Strategi yang digunakan biasanya dengan menyediakan item tambahan yang bisa dibeli oleh para pemain (in-app purchase) atau game dengan edisi tertentu.  

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (7/7/2020), strategi ini kemudian banyak diadopsi secara luas oleh penerbit game, terutama untuk game online.

Terlepas dari kenaikan harga game NBA 2K21, baik Sony maupun Microsoft masih belum mengumumkan secara resmi harga game lain untuk konsol PS5 dan Xbox Series X.

Baca Juga:  Larangan Bermain Game di China Berlaku, Pedagang-pedagang Akun Bermunculan





Source link