Jakarta- Museum Polri saat ini hadir dalam bentuk virtual. Masyarakat yang ingin berkunjung ke museum cukup menggunakan gadgetnya, tanpa harus keluar rumah.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke museum Polri, cukup masuk ke laman www.museumpolri.org.

Inovasi ini dilakukan Polri sebagai upaya pelayanan kepada masyarakat yang kini aktvitasnya masih dibatasi akibat pandemi.

Sejak 31 Maret 2020 lalu, pemerintah mengeluarkan kebijakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Kebijakan tersebut, mengharuskan masyarakat membatasi segala aktivitasnya dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Pembatasan tersebut membuat aktivitas masyarakat dibatasi, mulai dari sekolah diliburkan/belajar di rumah, sampai pembatasan kunjungan ke fasilitas umum, termasuk kunjungan ke museum Polri.

Dengan kondisi seperti ini, Pusjarah Polri yang tugasnya mengelola museum Polri, mencoba membuat terobosan agar museum Polri tetap bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Pada Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020, inovasi baru dikeluarkan Polri agar masyarakat bisa tetap menikmati koleksi di Museum Polri tanpa harus pergi ke museum. Museum Polri hadir dalam bentuk digital.

Inovasi tersebut yakni dengan membuat situs www.museumpolri.org. Website ini menjadi salah satu solusi agar masyarakat tetap bisa melihat koleksi museum Polri tanpa harus datang ke lokasi.

Selain aksesnya sangat cepat, pengunjung juga bisa mengelilingi museum secara virtual, sebab di menu utama website tersebut, terdapat Virtual Tour Museum Polri.

Bisa Diakses Kapapun dan Dimanapun

Dengan adanya website museum Polri tersebut, masyarakat bisa kapanpun dan dimanapun mengakses milik Kepolisian RI ini dengan gadget asalkan perangkatnya memadai dan ada akses internetnya.

Dilihat secara sepintas saja, website Museum Polri ini hadir sangat menarik, terlebih website tersebut menampilkan informasi yang dikemas dengan tampilan yang simple dan mudah diakses.

Di area header saja, terdapat lima slide yang menampilkan berbagai informasi mengenai Museum Polri secara slide.

“Apabila pengunjung  mengklik salah satu foto, maka pengunjung akan dibawa pergi dengan cepat ke halaman tersebut,” ujar Kombes Pol Frenky Yusandhy

Saat pertama masuk ke website museum Polri, pengunjung akan disambut  hangat Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri Brigjen Apriastini Baktibugiansri K. Fotonya yang ramah terpampang dengan ucapan “Selamat Datang” kepada pengunjung.

Di slide berikutnya tersedia informasi keberadaan Theater Museum Polri dengan dilengkapi teknologi terkini.

Sementara untuk masuk ke menu Virtual Tour, pengunjung bisa mengaksesnya lewat deretan daftar menu di pojok atas sebelah kiri atau langsung saja ke bagian paling bawah dari halaman utama.

Selanjutnya bakal muncul bagan ‘panduan’ dan tulisan ‘jelajahi sekarang’. Dengan hanya satu sentuhan saja, pengunjung akan dibawa ke setiap sudut-sudut museum sampai 360 derajat, bahkan pengunjung bisa melihat berbagai koleksi museum layaknya sedang berjalan di dalam museum. (R8/HR Online)

Source link