Penandatanganan-Nota-Kesepakatan-Bersama-Universitas-Indonesia-dengan-Grab

Grab Indonesia melalui lengan usahanya Grab Ventures Velocity (GVV) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mendukung pendidikan dan penelitian di UI.

Melalui GVV, Grab telah menjadi mitra strategis untuk program pengembangan startup UI, yang menginkubasi ide-ide yang lahir dalam komunitas akademik UI, untuk menyediakan bimbingan dalam sebuah program yang disebut “UI Works”. Untuk memasuki program ini, startup harus memiliki setidaknya prototipe atau versi beta dari produknya. Mitra ketiga dari program ini adalah ruang kerja bersama (co-working space), Code Margonda.

Diluncurkan pada bulan Juli 2018, Grab Ventures adalah perusahaan ventura dan investasi. Menurut siaran pers resmi, Grab berencana untuk berinvestasi Rp. 3 triliun ($ 250 juta) di perusahaan startup di Indonesia dalam tiga tahun ke depan melalui program peningkatan skala Grab Ventures.

Baca Juga:  KPPU Tak Paham Ekonomi Digital

Kemitraan ini adalah bagian dari “master plan Grab 4 Indonesia 2020” yang bertujuan untuk memberikan semua orang Indonesia kesempatan untuk mengambil bagian dalam ekonomi digital. “Rencana induk” Grab mencakup tiga pilar utama; bakat teknologi, kewirausahaan teknologi, dan pembayaran mobile.

Kemitraan dengan UI juga mencakup “Engineering Talent Future Leader Program” di mana lulusan UI dari jurusan teknis mendapatkan peluang magang di kantor Grab di Jakarta atau Singapura.

Grab terlibat dengan lembaga pendidikan di beberapa negara. Pada Juli 2018, Grab membentuk kemitraan strategis dengan Universitas Nasional Singapura (NUS) untuk meluncurkan Lab AI, di mana ia bekerja dengan para ilmuwan data tentang solusi untuk mengubah transportasi perkotaan.

Baca Juga:  Ekosistem Grab Sumbang Rp 643 M buat Ekonomi Palembang

Di Malaysia, Grab memiliki GrabVarsity, sebuah platform keterlibatan untuk meningkatkan gaya hidup mahasiswa melalui program hadiah, akses ke transportasi yang aman dan nyaman, peluang magang serta program driver Grab jangka pendek bagi siswa sehingga mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan untuk menutupi biaya kuliah atau pinjaman mahasiswa.