Pembaruan sistem operasi pengguna handphone atau android lama biasanya hanya mendapat pembaruan OS akan berakhir setelah beberapa tahun.

Namun, Google baru saja mengumumkan akan menambahkan fitur keamanan bagus yang diluncurkan dengan Android 11 untuk perangkat apa pun dengan Layanan Google Play yang berjalan di Android 6.0 Marshmallow dan di atasnya.

Fitur keamanan adalah reset otomatis untuk izin aplikasi. Jika Anda tidak menggunakan aplikasi selama beberapa bulan, Android 11 akan melanjutkan dan menyetel ulang izinnya.

Saat Anda memutuskan untuk meluncurkan aplikasi tersebut di ponsel atau tablet, aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk mengaktifkan kembali izin tersebut, seperti lokasi atau akses ke kontak atau media Anda.

Baca Juga:  Mulai Besok Netflix dan Spotify Cs Resmi Dipungut PPN

Ini menawarkan sedikit privasi dan keamanan ekstra untuk aplikasi apa pun yang mungkin mencoba melacak Anda atau menggunakan ponsel Anda, bahkan jika aplikasi tersebut tidak digunakan secara aktif.

Nah, fitur bagus itu akan mulai diluncurkan pada bulan Desember untuk ponsel yang menggunakan Android 6.0 atau lebih tinggi. Sementara izin reset otomatis diaktifkan secara default di Android 11, pengguna dapat mengatur fitur ini secara manual untuk semua ponsel lama.

Akan ada beberapa pengecualian, seperti aplikasi yang dijalankan oleh administrator jarak jauh untuk pelanggan perusahaan. Selain itu, pengembang dapat bertanya kepada pengguna apakah mereka ingin menonaktifkan fitur setel ulang otomatis untuk aplikasi mereka di ponsel lama.

Baca Juga:  Omnibus Law Fokus Pekerja Asing, Google Cetak 12 Ribu Ahli Digital RI

Namun, ini adalah kejutan yang menyenangkan bagi orang yang menggunakan ponsel yang jauh lebih tua, terutama jika Anda menggunakan beberapa ponsel atau tablet Nexus Google. ***

Sumber: Kabar Rakyat