CUPERTINOGoogle akan memberikan serangkaian pembaruan untuk peramban Chrome di MacOS demi daya tahan baterai dan peningkatan performa yang lebih baik.

Director of engineering Chrome, Max Christoff, menyebut Google bakal memperbaiki reputasi lama Chrome di MacOS yang sering dianggap membuat baterai boros. Menurutnya pembaruan tersebut punya tiga peningkatan besar yang akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.

“Saya melihat kinerja di Chrome sebagai perjalanan, bukan tujuan. Ini adalah investasi berkelanjutan dalam peningkatan kecepatan, kinerja, dan masa pakai baterai,” tutur Christoff dikutip dari laman Digital Trends, Jumat (17/7/2020).

Dalam beberapa bulan mendatang, menurutnya, Chrome akan mulai secara aktif menindak tampilan iklan yang menyedot banyak sumber daya perangkat.

Iklan yang melanggar batasan penggunaan sumber daya akan otomatis diblokir dan diganti dengan tampilan yang berbunyi ‘Ad removed’.

Selain itu Chrome bakal memperbaiki cara mereka mengurus tab yang aktif dan halaman yang sudah lama tak dikunjungi.

Jadi, di masa yang akan datang Chrome bisa memahami tab mana yang perlu dipertahankan atau dihilangkan untuk menghemat konsumsi daya. Hal ini, kata Christoff, punya dampak besar terhadap baterai dan performa.

Terakhir, Google juga mengerjakan optimisasi baru yang misterius yang memungkinkan bagian paling kritis dari kinerja perangkat lunak berjalan lebih cepat.

Saat ini Chrome memang mendominasi pangsa pasar browser, dengan capaian hampir 75%. Namun perlu dicatat, para kompetitornya juga terus berkembang dan memperbaiki performanya.

Dengan keunggulan di sektor privasi dan efisiensi misalnya, browser seperti Firefox dan Safari menjadi pesaing Chrome.

(wbs)

Source link