MOUNTAIN VIEW – Penggunaan ponsel cerdas telah meningkat pada periode Juli-September (kuartal tiga, Q3) 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. (Baca juga: Ponsel Android Go Kebagian Mode Malam dan HDR dari Google)

Pada periode Q3 2020 unduhan aplikasi juga mengalami peningkatan yang lebih besar dengan Google Play Store. Total unduhannya mencapai 28,3 miliar.

Angka tersebut meningkat 31% dibandingkan tahun lalu dan memberikan Google keuntungan tiga banding satu dalam total unduhan dibandingkan App Store milik Apple yang hanya mendapatkan total unduhan 8,2 miliar.

Total unduhan di Google Play Store sejak awal tahun mencapai 80,6 miliar. Sementara App Store mencatat 26,6 miliar unduhan, demikian dikutip dari GSM Arena, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga:  Oracle Targetkan 4.000 Pelanggan Uji Coba Produk Autonomous Database

Kategori aplikasi yang paling banyak diunduh di Play Store adalah sektor Game dengan 13,49%, diikuti oleh pendidikan 9,11% dan bisnis 6,95% dari total unduhan.

Menurut laporan yang sama, Google Play juga mencatat portofolio aplikasi terbesar dengan total lebih dari 2,7 juta. Sedangkan App Store hanya 1,82 juta penawaran. (Baca juga: Digoda Sejumlah Klub Asing, Robert Pilih Setia Temani Persib)

(iqb)

Source link