AMD dan Google Cloud mengumumkan ketersediaan beta dari Confidential Virtual Machines (VMs) untuk Google Compute Engine yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC Generasi Kedua. Produk pertama dalam portofolio Google Cloud Confidential Computing ini memungkinkan pelanggan untuk pertama kalinya mengenkripsi data tidak hanya saat transit, tetapi juga ketika sedang diproses.

Berdasarkan keluarga N2D dari VMs untuk Google Compute Engine, Confidential VMs memberikan pelanggan pemrosesan performa tinggi untuk kerja komputasi yang penuh tuntutan dan memungkinkan enkripsi bahkan untuk data paling sensitif di cloud saat sedang diproses.

“Dengan menggunakan teknologi keamanan canggih dalam prosesor AMD EPYC, kami telah menciptakan teknologi terobosan yang memungkinkan pelanggan untuk mengenkripsi data mereka di dalam cloud saat sedang diproses dan membuka skenario komputasi yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan,” kata Vint Cerf, vice president and chief internet evangelist, Google.

Baca Juga:  Permintaan pasar tinggi, Google Cloud akan sambangi Indonesia

“Untuk meyakinkan bahwa pelanggan dapat memindahkan beban kerja sensitif mereka ke dalam cloud, AMD dan Google bekerja bersama pada Google Confidential VMs untuk mengambil keuntungan dari fitur keamanan canggih, Secure Encrypted Virtualization, dalam prosesor AMD EPYC. Hal tersebut dapat membantu mengaktifkan tingkat keamanan berbasis hardware secara terpadu dan konsisten untuk aplikasi dan beban kerja di dalam cloud,” kata Dan McNamara, Senior Vice President and General Manager, Server Business Unit, AMD.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Secure Encrypted Virtualization (SEV) merupakan fitur keamanan canggih yang tersedia pada prosesor AMD EPYC, yang mengenkripsi memori VM menggunakan kunci per-VM khusus yang dihasilkan dan dikelola oleh keamanan prosesor yang tertanam.

Baca Juga:  Google Rilis Cara Baru Analisis Data Multiplatform dan Enkripsi Data

Confidential VMs memungkinkan pelanggan Google Cloud dapat mengenkripsi data yang digunakan melalui fitur-fitur keamanan canggih yang ditawarkan oleh prosesor AMD EPYC Generasi Kedua bersama dengan layanan cloud Confidential Computing.

AMD dan Google juga telah menyederhanakan penggunaan Confidential Computing, membuat transisi ke Confidential VMs menjadi mulus karena pelanggan tidak perlu membuat perubahan kode apa pun pada aplikasi mereka untuk mendapat manfaat dari VM ini. Confidential VMs menawarkan performa yang serupa dengan Google N2D VMs, yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC Generasi Kedua berperforma tinggi.

Source link