Didukung oleh kelas menengah yang berkembang di seluruh Asia Tenggara, perusahaan lokal mulai memperluas jejak geografis mereka termasuk Goalsmapper dan Carzuno yang berbasis di Singapura serta platform fintech Airwallex.

GoalsMapper diluncurkan di Indonesia

SaaS fintech yang berbasis di Singapura untuk konsultan keuangan GoalsMapper telah meluncurkan layanannya di Indonesia, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, sebagai bagian dari upaya untuk memperluas jejak di Asia Tenggara dan meningkatkan literasi keuangan di wilayah tersebut.

GoalsMapper baru-baru ini mengumumkan ekspansi Filipina pada akhir tahun 2021, menambahkan lebih banyak cakupan dari sebelumnya Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Ini menawarkan platform perencanaan, memungkinkan konsultan keuangan untuk menawarkan wawasan dan rekomendasi yang lebih akurat kepada klien mereka untuk perencanaan keuangan yang lebih baik. GoalsMapper ditujukan untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan di Indonesia di mana literasi keuangan masih jauh di bawah setengah dari populasi, menurut otoritas keuangan negara.

Didirikan pada tahun 2018, GoalsMapper masuk ke ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada waktu yang bisa dibilang tepat di tengah pertumbuhan kelas menengah dan pandemi yang sedang berlangsung yang telah membawa peningkatan permintaan akan layanan asuransi.

Carzuno berkendara ke Thailand

Carzuno, platform berlangganan untuk mobil, telah meluncurkan operasinya di Thailand, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan telah menunjuk Wisate Kirin—seorang veteran di industri otomotif yang sebelumnya bekerja di Carro, Toyota, dan Michelin—dan Cathrin Samijtiwong, yang sebelumnya bersama Servcorp, HappyFresh—untuk memimpin tim lokal di Thailand.

“Ada potensi luar biasa untuk layanan berlangganan mobil di Thailand karena konsumen terus-menerus mencari solusi tanpa masalah. Carzuno menghilangkan kerumitan dari pengalaman kepemilikan mobil tradisional bagi penduduk lokal dan ekspatriat,” Kirin, General Manager Carzuno Thailand, mengatakan dalam pernyataannya.

Carzuno menawarkan paket bulanan dari paket berlangganan satu hingga 24 bulan, memungkinkan pengguna untuk memilih mobil yang diinginkan yang akan dikirimkan ke depan pintu mereka dalam waktu kurang dari 24 jam. Langganan termasuk asuransi, servis, pajak, dan hotline layanan 24/7.

Didirikan pada April 2021 oleh Amrt Sagar dan Andrew Chan, Carzuno dengan cepat berkembang di Singapura dengan ratusan pelanggan dalam beberapa bulan, klaim perusahaan. Perusahaan mengumpulkan $500.000 dalam pendanaan awal dari Hustle Fund dan Net Ventures pada tahun 2021.

Pembayaran lintas batas

Platform pembayaran global Airwallex telah memulai operasinya di Malaysia, perusahaan mengumumkan pada hari Kamis, setelah mendapatkan lisensi bisnis layanan uang dari Bank Sentral Malaysia pada Agustus 2021.

Airwallex juga telah membuka bisnisnya di Singapura awal tahun ini setelah mendapatkan Lisensi Lembaga Pembayaran Utama dari Monetary Authority of Singapore.

“Awalnya, bisnis Malaysia yang memenuhi syarat akan diberikan akses ke konversi dan pembayaran valuta asing Airwallex yang cepat, transparan, dan hemat biaya di lebih dari 130 negara, memberdayakan mereka untuk tumbuh dan beroperasi secara global. Airwallex akan terus memperluas ketersediaan penawaran produknya ke lebih banyak bisnis selama beberapa bulan ke depan, ”kata perusahaan itu dalam pernyataannya.

Didirikan di Melbourne pada tahun 2015, Airwallex telah mendapatkan pendanaan lebih dari $800 juta dengan valuasi $5,5 miliar. Perusahaan beroperasi di 19 lokasi di negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Jepang, India, dan lainnya.