Gak sekedar smartphone yang sekarang jamak mengandalkan kecerdasan buatan untuk memaksimalkan fitur-fiturnya, mobil pun mulai mengandalkan kecerdasan buatan.

Bisa kebayang gak bakal gimana mobil yang sudah ditanamkan microchip AI (artificial intelligence)? Barangkali seperti film yang tenar di era 90an, si mobil pintar dan canggih KITT.

Adalah perusahaan start-up kendaraan listrik asal China, Xpeng Motors, yang baru-baru ini mengklaim sebagai produsen mobil pertama di dunia yang mengadopsi microchip AI untuk teknologi otonom yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal AS, Nvidia.

Mobil pertama yang ditanamkan AI adalah sedan listrik terbaru mereka P7, yang sudah mengaplikasikan teknologi Nvidia, DRIVE AGX Xavier, yang mengontrol fungsi mengemudi otonom.

Baca Juga:  5 Terpopuler Teknologi, Netfix Jadi Aplikasi Streaming Digital Paling Laris di Android dan Mengintip Mata 'Perseverance' di Planet Mars

“Xpeng membantu mengantarkan era baru transportasi dengan P7 yang mengandalkan teknologi AI,” ujar Direktur Senior Nvidia yang mengepalai Divisi Otomotif, Danny Shapiro, dilansir Nikkei.

Langkah Xpeng Motors menjadi pionir AI untuk mobil karena didasari tuntutan lebih konsumen China yang ingin menikmati fungsi-fungsi dari teknologi terbaru.

Menurut seorang eksekutif lokal di perusahaan mobil Jepang, konsumen China menunjukkan minat yang kuat pada teknologi baru, termasuk fungsi self-driving dan konektivitas.

Apalagi, pemerintah China juga berkeinginan untuk mengembangkan teknologi AI untuk mobil, khususnya agar mobil bisa nyetir sendiri.
Saat ini, Beijing telah mengembangkan mobil dengan fungsi self-driving Level 3 dan berharap bisa mengkomersilkan mobil tersebut pada 2020.

Baca Juga:  Ponsel Android Mini dari China Belum Akan Hadir dalam Waktu Dekat

Dari 5 tingkatan level self driving, level 3 sudah terbilang lumayan, karena mobil sudah semakin mandiri untuk mengoperasikan dirinya sendiri, meskipun di level ini, peran pengemudi masih dibutuhkan.

Source link