PitaData.com – Kehadiran konsol PlayStation 5 (PS5) semakin dekat. Penjualan perdana konsol ini akan dilakukan pada pertengahan November mendatang.

Konsol generasi terbaru ini memiliki kemampuan untuk menjalankan game dari konsol generasi sebelumnya, PlayStation 4. Fitur tersebut bernama backward compatibility.

Baru-baru ini, Sony membeberkan informasi hangat terkait kemampuan backward compatibility yang akan dimiliki konsol anyar tersebut.

Melalui blog resmi PlayStation, raksasa teknologi asal Jepang itu menjelaskan bahwa nantinya terdapat hampir 4.000 game PS4 yang dapat dimainkan di konsol PS5.

Untuk bisa memainkan ribuan game PS4 tersebut, para pemain diimbau untuk melakukan upgrade pada game.

Proses upgrade yang dimaksud adalah untuk mengatur game, yang awalnya hanya dapat dijalankan oleh PS4 menjadi kompatibel dengan konsol PS5.

Baca Juga:  Google Doodle Games Popular Sudah Bisa Dimainkan Mulai Hari Ini

Selengkapnya, berikut adalah cara upgrade game PS4 ke konsol PS5 sebagaimana dihimpun dari Comic Book, Jumat (16/10/2020).

Upgrade game PS4 pada konsol PS5 versi reguler

Pertama-tama masukkan cakram Blu-ray PS4 yang mendukung fitur backward compatibility ke dalam konsol PS5. Perlu diingat, pengguna juga harus masuk ke dalam akun PS5 yang dimiliki.

Setelah itu, buka game Hub untuk game PS4 dan pengguna akan menemukan pilihan “upgrade offer“. Pengguna bisa terlebih dahulu meninjau tawaran tersebut.

Selanjutnya, pilih opsi “Download” atau “Purchase” untuk mulai mengunduh game. Setelah proses unduhan selesai, pengguna dapat langsung memainkan game tersebut di konsol PS5.

Baca Juga:  Gegara Dilarang Main Game, Bocah 12 Tahun Tewas Gantung Diri

Sebagai catatan, pengguna wajib memasukkan cakram Blu-ray game setiap kali ingin memainkan game tersebut.

Upgrade game PS4 pada konsol PS5 versi Digital Edition

Sedikit berbeda apabila game milik pengguna ingin di-upgrade ke PS5 edisi digital agar tidak perlu memasukkan cakram Blue-ray setiap kali memainkan game.

Langkah awalnya serupa, pertama-tama pengguna harus masuk ke dalam akun PS5. Setelah itu, akses halaman PlayStation Store untuk mencari game yang diinginkan.

Buka game Hub untuk game PS5 dan pilih opsi “upgrade offer” dan tinjau terlebih dahulu tawaran tersebut.

Nantinya, pengguna akan dihadapkan pada pilihan “download” atau “purchase“, bergantung game yang dikehendaki.

Baca Juga:  Daftar 26 Game Keren Buat PS5

Setelah proses unduhan selesai, pengguna bisa langsung memainkan game tersebut di konsol PS5.

Source link