Laporan Pasar Gaming Global 2021 yang dirilis Newzoo pada Juli 2021, game mobile diprediksi akan menghasilkan pendapatan US$ 90,7 miliar pada tahun ini dengan peningkatan 4,4 persen YoY (year on year). Pendapatannya akan mencapai lebih 50 persen dari total pendapatan game secara global.

Pandemi Covid-19 tak dimungkiri telah mempengaruhi perkembangan dan distribusi game, terutama game konsol dan PC. Dibandingkan dengan game mobile, perkembangan game konsol dan PC sangat bergantung pada besarnya tim, anggaran, dan kerja sama lintas negara.

Selain itu, kelangkaan chip global kian memperkeruh isu ini karena terbatasnya pasokan produk elektronik konsumen, termasuk game konsol generasi terbaru dan hardware untuk PC kelas atas.

Baca Juga:  Bawa Fitur Baru, Game Grand Turismo 7 Siap Rilis di Tahun Depan

Karena faktor-faktor tersebut, pendapatan pasar game konsol yang sebesar US$ 49,2 miliar menunjukkan penurunan YoY 8,9 peren. Sedangkan pendapatan pasar game PC adalah US$ 35,9 miliar dengan penurunan YoY 2,8 persen. Demikian sebagaimana dikutip dari siaran pers yang Tekno PitaData.com terima, Sabtu (11/9/2021).

Sebaliknya, pertumbuhan game mobile (YoY) sebesar 4,7 persen dan 2 persen masing-masing pada game smartphone dan tablet. Dua kategori ini merupakan satu-satunya produk game yang mengalami pertumbuhan siginifikan.

Karena pendapatan yang tinggi dan efisiensi pengembangan membuat game mobile banyak dicari oleh publisher game, dan perusahaan Tiongkok memiliki kinerja paling memuaskan di sektor ini.

Menurut Laporan Industri Game Tiongkok 2020 yang dirilis CGIGC, pada tahun lalu, pendapatan aktual penjualan luar negeri dari game yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan Tiongkok mencapai US$ 15,45 miliar, dengan peningkatan YoY sebesar 33,25 persen.

Baca Juga:  Download game gratis Torchlight 2 dari Epic Games, segera klaim!

Pendapatan penjualan aktual mereka di pasar domestik mencapai sekitar US$ 37 miliar, dengan peningkatan YoY sebesar 26,74 persen.

Sumber: Liputan6

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Mohon masukkan nama anda disini