facebook
Pile of 3D Facebook Logos

Facebook bakal mendonasikan USD 100 juta atau setara Rp 1,6 triliun untuk pembiayaan iklan, guna mendukung organisasi berita dan penerbit lokal yang terdampak virus Covid-19.

Media, terutama media cetak, telah kehilangan pemasukan karena banyak pengiklan menarik anggaran marketing mereka, untuk mengendalikan biaya karena ketidakpastian terkait virus Corona.

Salah satu contohnya adalah koran lokal Vatikan L’Osservatore Romano yang menghentikan percetakan sejak minggu lalu. Mereka menghentikan percetakan gara-gara wabah yang membuat kondisi finansial kesulitan.

Mengutip Reuters, Selasa (31/3/2020), pihak Facebook menyebut, “donasi Facebook ini terbagi dua, USD 25 juta atau setara Rp 409 miliar bantuan untuk media lokal dan USD 75 juta atau setara Rp 1,2 triliun dalam bentuk biaya untuk media global.”

Baca Juga:  Dorong Daya Saing Digital, Tenaga Terampil Data Analytics Kian Dibutuhkan

“Banyak media yang harus berjuang secara ekonomi karena terdampak wabah ini,” kata Head of Global News Partnership Facebook Campbell Brown, dikutip dari CNN.

Bantuan agar Media Bertahan di Tengah Covid-19

Ia menyebut, meski konsumsi berita secara umum tersus meningkat dan jumlah langganan naik, kenaikan itu tidak bisa menutupi kerugian yang dialami oleh media. “Kami dalam hal ini berupaya membantu,” kata Brown.

Facebook mengatakan, putaran pertama bantuan ini akan diberikan kepada 50 media lokal di Amerika Serikat dan Kanada.

Sekadar informasi, bantuan sebesar Rp 1,6 triliun itu merupakan tambahan terhadap bantuan Rp 16 miliar yang digelontorkan untuk media lokal dan Rp 32 miliar untuk mendukung cek fakta yang diumumkan sebelumnya.

Baca Juga:  Tak Mampu Bersaing Lagi, Yahoo Akan Tutup Bulan Desember

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini telah melakukan beberapa cara untuk membantu berbagai komunitas yang terdampak dari virus Covid-19. Sementara, banyak perusahaan lainnya terpaksa mengurangi operasi mereka.

Sebelumnya, perusahaan teknologi lain, yakni Google, melalui Alphabet menyebut, bakal mendonasikan lebih dari USD 800 juta dalam bentuk dana dan kredit iklan untuk UMKM, bisnis, dan organisasi kesehatan.

Donasi dari Mark Zuckerberg dan Istri

Sebelumnya, pendiri sekaligus bos Facebook Mark Zuckerberg beserta istrinya, Priscilla Chan, lagi-lagi berdonasi untuk melawan virus Corona.

Melalui yayasannya, The Chan-Zuckerberg Initiative (CZI), pasangan miliarder ini mengumumkan, telah bermitra dengan Bill and Melinda Gates Foundation untuk mendonasikan USD 25 juta atau setara Rp 400 miliar guna mendanai penelitian Covid-19.

Baca Juga:  Google Mesti Bayar Rp176 T ke Apple Tiap Tahun

Penelitian ini nantinya berupaya untuk mengeksplor kemungkinan terkait upaya penyembuhan dari Covid-19.

“Saya sangat bangga dan mengumumkan, CZI akan bergabung dengan Gates dan yang lain untuk mengumpulkan sesuatu yang disebut akselerator terapi untuk melawan virus Covid-19,” kata Priscilla Chan, sebagaimana dikutip dari CBS News, Sabtu (28/3/2020).

Istri Mark Zuckerberg menjelaskan, tujuan kolektif dari bantuan ini adalah untuk mendanai kelompok yang bertugas men-screening segala macam obat yang berpotensi melawan virus Corona.

“Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan semua obat yang telah diskrining dan dianggap aman dan mengujinya apakah obat ini memiliki dampak positif untuk melawan virus Covid-19, mengurangi gejalanya, dan mengurangi kerusakannya,” kata Zuckerberg.