PitaData.com – Oppo Reno Series dihadirkan oleh Oppo dengan mengunggulkan kemampuan kameranya.

Dari Reno Series hingga Reno4 yang akan hadir, Oppo pastinya sebagai brand smartphone memberikan fitur terbaru.

Menengok pada Oppo Reno yang memiliki dua kamera utama dan Reno 10x Zoom memiliki tiga kamera utama

Kamera utama Oppo Reno memiliki resolusi 48MP f/1.79 dengan sensor Sony IMX 586 dengan kamera depth 5MP f/2.4.

Oppo Reno 10x Zoom memiliki tiga kamera utama yaitu 48MP f/1.7 masih dengan sensor yang sama, kamera ultra wide 8MP yang memiliki sudut lebar 120 derajat dan kamera telefoto beresolusi 13MP f/3.0.

Kedua smartphone tersebut memiliki fitur kamera dan video yaitu Ultra Night Mode 2.0, Dazzle Color Mode, Artistic Potrait, dan video 4K dengan audio focus.

Fitur foto malam dari Reno Series merupakan peningkatan dari fitur yang terdapat pada OPPO R17 Pro dan F11 Series.

Mengkombinasikan kecerdasan buatan, HDR dan fitur pengurangan noise multi layer.

Pada saat mengambil foto portrait malam hari, Reno Series memiliki fitur fase protection dimana fitur ini akan memisahkan antara wajah dan background dan melindungi foto wajah tersebut untuk memastikan bahwa warna kulit tetap natural dan terjaga.

Adapun Dazzle Color Mode merupakan sebuah fitur pintar yang akan melakukan rekonstruksi warna, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengembalikan tingkat kecerahan dan
informasi warna.

Fitur itu juga memanfaatkan algoritma color mapping pada tingkatan pixel untuk melakukan rekosntruksi warna sehingga foto yang dihasilkan lebih natural dan kaya warna.

Artistic Potrait pada Oppo Reno Series membawakan optimasi warna, efek cahaya yang dapat membantu pengguna mendapatkan hasil foto seperti layaknya pemotretan pada majalah.

Khusus pada Oppo Reno 10x Zoom terdapat fitur video dengan resolusi 4K hingga 60fps yang disertakan dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Baca Juga:  RENO SERIES, PERTARUHAN OPPO DI LEVEL PREMIUM

Selain itu Oppo Reno 10x Zoom membawa fitur Audio Focus, dimana fitur ini akan memanfaatkan
beberapa microphone untuk melakukan perekaman 360 derajat suara sekitar.

Berlanjut ke Oppo Reno2 Series, terdapat quad kamera yang dihadirkan pada Reno2 dan Reno2 F.

Reno2 dilengkapi dengan empat kamera yang menyediakan sistem pencitraan dengan berbagai focal lengths (panjang focus) mulai dari 5x Hybrid Zoom, lensa Ultra-Wide Angle, dan fitur-fitur lainnya.

Tiga lensa dengan panjang fokus yang berbeda bekerja secara bersamaan untuk menciptakan efek 5x Hybrid Zoom yang unik dari sudut ultra lebar ke telefoto, yang juga menggabungkan teknologi gambar untuk memastikan transisi zoom yang halus dan tak terputus.

Lalu fitur lensa Ultra-Wide Angle memberikan sudut pandang 116 derajat yang mengesankan dan mampu menghasilkan gambar dengan tema foto yang sama sekali berbeda.

Lensa utama 48MP yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization, aperture F1.7, dan sensor 1/2-inci bersama dengan teknologi Quad Bayer membuat Reno2 menawarkan performa terbaik dalam cahaya rendah.

Memotret di malam hari tak menjadi masalah berkat NPU yang kuat dan algoritma OPPO yang telah disesuaikan.

Sekalipun tingkat cahaya berada di bawah 1 lux, teknologi kamera Reno2 mampu meningkatkan kualitas foto dengan menggunakan AI noise reduction yang dioptimalkan.

Semakin banyaknya pengguna media sosial yang merekam video di era sekarang ini ini membuat Oppo tidak melupakan dan turut memaksimalkan dunia Videografi melalui Reno2.

Teknologi Ultra Steady Video Mode yang dikembangkan Oppo mampu meningkatkan stabilitas video, sehingga memungkinkan pengguna untuk merekam video secara stabil saat berlari, bermain ski, meluncur di skateboard, bersepeda, dan beragam aktivitas lainnya.

Kestabilan ini dicapai melalui IMU sensor yang dikombinasikan dengan Electronic Image Stabilization (EIS) dan Optical Image Stabilization (OIS).

Baca Juga:  Oppo Hadirkan Wireless Charging 65 W, Ini Keunggulannya

Semua fitur tersebut membantu menghilangkan keburaman dan menambah keakuratan foto.

Tak hanya itu, rekaman video pada Reno2 juga memiliki frame rate 60 fps yang sanggup meningkatkan stabilitas gambar, kehalusan, dan kualitas gambar secara keseluruhan.

Oppo ketika hadirkan Oppo Reno3 Series di 2020 ini menghadirkan kembali sesuatu yang baru atau ditingkatkan.

Terdapat fitur unggulan 48MP Zoom Quadcam, 44MP Ultra Night Selfie, 5x Hybrid Zoom, dan 108MP Ultra Clear Image.

Pada bagian belakang Reno3, terdapat 48MP Zoom Quadcam yang terdiri dari kamera utama 48MP Ultra-Clear, 13MP lensa telephoto, 8MP lensa sudut lebar, dan 2MP lensa mono.

Oppo Reno3 dapat memenuhi kebutuhan fotografi melalui sudut pandang yang luas, normal, dan foto jarak jauh.

Kehadiran fitur 108MP Ultra Clear Image dapat menghadirkan foto yang tampil tajam dan tanpa kehilangan detail.

Melalui kamera utama, Reno3 dapat merekam informasi sub-pixel dengan resolusi gambar yang sangat tinggi.

Ketika menggunakan fitur 108MP Ultra Clear Image, Reno3 akan mengambil foto multi-frame dan melalui kecerdasan buatan akan secara otomatis digabungkan.

Dengan Optical-Flow Sub-pixel Registration, kamera dapat mencocokkan dan mengkalibrasi sub-pixel pada frame yang berbeda untuk menghasilkan gambar asli dengan pixel yang rendah dengan lebih banyak informasi.

Setelah itu, melalui Sub-pixel Interpolation, gambar asli dengan pixel yang rendah akan diubah menjadi gambar dengan resolusi tinggi, tajam, dan jelas.

Pada bagian depan, 44MP Ultra Night Selfie pada kameranya menghadirkan foto selfie berdefinisi tinggi untuk kondisi malam hari dengan detail tekstur wajah yang  terjaga.

Oppo pertama kalinya mengembangkan dan memperbaharui algoritma Ultra Night Mode pada kamera depan.

Selain itu, Oppo juga memanfaatkan NPU dengan algoritma kecerdasan buatan baru untuk memberikan fitur Ultra Dark Mode yang akan aktif apabila kondisi pencahayaan rendah di bawah 1 lux.

Baca Juga:  Untuk Para Gamer, Ini Fitur ColorOS 11 yang Bisa Diandalkan

Semenjak debut 5X Dual-Camera Zoom pada MWC 2017, Oppo menjadi salah satu produsen smartphone yang memprioritaskan untuk mengatasi masalah perbesaran gambar pada smartphone melalui zooming technology.

Konsistensi Oppo dalam zooming technology ini diaplikasikan pada lini seri Reno mulai dari 10x Hybrid Zoom hingga pada Reno3 yang mengusung 5x Hybrid Zoom dengan kemampuan 20x Digital Zoom.

Yang berbeda, kini pada Reno3 teknologi perbesaran ini juga hadir pada perekaman video. Reno3 juga membawa evolusi fitur Ultra Steady Video yang hadir sejak perangkat Reno2 diperkenalkan.

Ultra Steady Video 2.0 membawa dua mode yang berbeda, pada mode Ultra Steady Video, OPPO memanfaatkan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang dikembangkan dengan algoritma baru sehingga meningkatkan efek anti-shake, kemulusan hasil video, dan kualitas gambar yang ditingkatkan.

Perekaman gambar dengan frame rate tinggi 1080p 60fps pada mode Ultra Steady Video dan 1080p 30fps pada mode Ultra Steady Video Pro.

Oppo juga membawa fitur Video Bokeh, Video Zoom, dan AI Beauty Mode untuk mendorong penggunanya dalam membuat konten video dengan mudah.

Kemudahan ini ditambah dengan kehadiran Soloop, yang merupakan Smart Video Editor bagi pengguna pemula untuk merekam kesehariannya melalui video.

Berlanjut ke Oppo Reno4 yang akan hadir akan ada fitur kamera dan video yang akan datang dan pastinya menarik.

Ada peningkatan dari teknologi AI pada AI Color Potrait Mode dan Night Flare Potrait. Sedangkan video juga terdapat Monochrome Video dan Ultra Steady Video pada kamera selfie.

Nantikan saja hingga Oppo meluncurkan Oppo Reno4 di bulan Agustus.

(*)

Source link