Pada bulan September, AMD menambahkan dukungan untuk overclocking CPU sederhana ke driver grafisnya. Jika Anda memiliki CPU Ryzen 5000-series dan ingin memanfaatkan kinerja ekstra, fungsi auto-overclocking ini dapat menyelamatkan Anda dari keharusan mengunduh utilitas Ryzen Master yang lebih kompleks. Overclock juga akan cukup konservatif sehingga mungkin tidak akan menyebabkan ketidakstabilan sistem atau masalah lainnya.

Masalah bagi sebagian pengguna adalah fitur auto-overclocking ini menjadi juga otomatis—yaitu, mengubah pengaturan overclocking sistem apakah pengguna menginginkannya atau tidak.

Perwakilan AMD mengatakan kepada Tom’s Hardware bahwa “masalah dalam rangkaian perangkat lunak AMD” menyebabkan fitur tersebut mulai “menyesuaikan pengaturan prosesor AMD tertentu untuk beberapa pengguna.” Karena fitur overclocking CPU sebenarnya mengubah pengaturan di BIOS sistem Anda, itu berarti dapat mengubah pengaturan overclocking yang telah pengguna ubah sendiri dan menerapkan overclock di mana tidak ada overclock sebelumnya. Bit kedua itu bisa sangat bermasalah karena prosesor overclocking umumnya membatalkan garansi CPU AMD, bahkan ketika Anda menggunakan alat yang disediakan AMD seperti Ryzen Master atau menggunakan fitur yang diiklankan AMD seperti Precision Boost Overdrive (meskipun, secara anekdot, kebijakan ini tidak konsisten diberlakukan).

Iklan

PC yang menggunakan GPU AMD dengan CPU Intel tidak akan terpengaruh oleh bug ini karena perangkat lunak AMD tidak akan meng-overclock prosesor Intel.

Menurut pengujian oleh Igor’s Lab dan oleh pengguna di subreddit AMD, bug tampaknya dipicu saat memuat profil overclocking GPU yang dibuat menggunakan versi perangkat lunak yang lebih lama. Profil tersebut dibuat sebelum CPU overclocking ditambahkan ke perangkat lunak, tetapi perangkat lunak tidak menyadarinya dan tetap mencoba untuk mengubah pengaturan CPU.

AMD mengatakan bahwa sedang “menyelidiki” masalah perangkat lunak yang menyebabkan masalah dan bahwa perusahaan akan “membagikan lebih banyak informasi segera setelah kami dapat.” Masalah tampaknya telah diperkenalkan di versi 22.3.1 dari paket driver Adrenalin AMD, jadi menunda pembaruan atau memutar kembali ke versi driver sebelumnya dapat mencegah atau menyelesaikan masalah.